Sakti Peksos Sosialisasi Kasus Anak di Lingga

DPRD Lingga
Lingga Kab
Sakti Peksos Sosialisasi Kasus Anak di Lingga.
Sakti Peksos Sosialisasi Kasus Anak di Lingga.

Lingga, LintasKepri.com – Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Direktorat Anak Kementerian Sosial RI Kabupaten Lingga, melakukan sosialisasi terkait maraknya kasus anak di beberapa sekolah wilayah Kabupaten Lingga, Sabtu (21/9).

Sakti Peksos bekerja sama dengan beberapa pihak sekolah, salah satunya adalah SMK Negeri 001 Singkep, Kabupaten Lingga untuk melakukan penyuluhan di sekolah tersebut dengan agenda Sakti Peksos Goes to School.

Sasaran kegiatan itu yakni anak kelas X dengan jumlah peserta sekitar 80 anak. Sakti Peksos Kemensos RI, Ike Monika, dalam melakukan sosialisasi mengangkat tema tentang Generasi Milenial Sadar Akan Hukum.

Ike berharap dengan adanya sosialisasi seperti ini dapat memberikan pemahaman kepada pelajar bahwa generasi milenial rentan menjadi anak yang berhadapan dengan hukum.

“Kita mengadakan sosialisasi ini dengan tujuan memberikan pemahaman kepada anak di era modern seperti ini justru mereka rentan menjadi korban atau bahkan pelaku dari tindak kekerasan, karena Lingga saat ini menduduki peringkat ketiga penyumbang kasus terbanyak di Provinsi Kepulauan Riau,” paparnya.

Ike menuturkan, dari jumlah kasus yang ada, 80% diantaranya ialah anak sebagai pelaku. Menurutnya, dengan adanya penyuluhan ini dapat mencegah dan meminimalisir anak yang berhadapan dengan hukum.

“Selain itu juga agar tercipta generasi milenial yang sadar akan hukum, menciptakan lingkungan yang ramah anak serta meminimalisir jumlah anak sebagai korban ataupun pelaku,” katanya.

(dar)