Saat ke Natuna, Mensos RI Sebut BST Akan Disalurkan Hingga Juni 2021

Mensos RI, Juliari P. Batubara, saat menyaksikan proses pembagian BST di Kantor Pos Kabupaten Natuna, beberapa waktu lalu.

Natuna, LintasKepri.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Natuna, Puryanti, menyebutkan, bahwa program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), rencananya akan disalurkan hingga bulan Juni tahun 2021 mendatang.

“Iya benar, kemarin waktu Pak Mensos (Juliari P. Batubara, red) datang ke Natuna, beliau bilang bahwa program BST akan berlanjut hingga Juni tahun depan,” kata Puryanti, saat ditemui media ini diruang kerjanya, Senin (09/11/2020) kemarin.

Namun sambung Puryanti, hal itu baru disampaikan oleh Mensos RI secara lisan. Namun dirinya yakin, Mensos RI Juliari P. Batubara tidak mungkin berbicara sembarangan, tanpa dasar yang jelas.

“Saya rasa Pak Mensos tak mungkin bohong. Beliau menyampaikan bahwa sudah disiapkan anggarannya hingga tahun depan,” ujarnya.

Meski demikian, hingga sampai sejauh ini pihak Dinas Sosial Kabupaten Natuna belum menerima surat resmi dari Kemensos RI, perihal kelanjutan program BST tersebut.

Kadis Sosial Kabupaten Natuna, Puryanti.

“Ya kemungkinan surat resminya bulan Desember nanti lah. Kita berdo’a saja semoga bantuan ini berlanjut ditahun depan,” harap Puryanti.

Wanita berhijab itu menambahkan, bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST di Kabupaten Natuna tercatat sebanyak 4.532 KK, yang tersebar di 15 Kecamatan.

“Jumlah tersebut tidak termasuk warga yang telah tercatat sebagai penerima PKH dan BLT,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bahwa BST ini mulai disalurkan oleh Kemensos RI sejak April tahun 2020. Bantuan sosial ini diperuntukkan khusus bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

BST disalurkan oleh Pemerintah melalui PT. Pos Indonesia yang tersebar diseluruh penjuru nusantara. (Erwin)