Rumahnya Sering Putus Air, Bupati Natuna Prioritaskan Air Bersih

Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna, Wan Siswandi, mengatakan, bahwa penyediaan sarana air bersih akan menjadi salah satu prioritas program pembangunannya kedepan, bersama wakilnya, Rodhial Huda. Sebab kata dia, air bersih merupakan salah satu kebutuhan vital bagi masyarakat, yang harus segera diatasi.

Hal itu disampaikan Wan Siswandi usai menghadiri rapat kerja bersama DPRD Natuna, tentang implementasi kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna tahun anggaran 2021, di Kantor DPRD Natuna, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (07/06/2021) siang.

“Saya yang tinggal di Jalan Pramuka Kota Ranai saja, sering kesulitan air. Ini artinya persoalan air bersih sangat mendesak bagi masyarakat, dan harus menjadi skala prioritas dalam program pembangunan,” tegas Wan Siswandi.

Selain air bersih, Pemerintah Daerah juga mengusulkan kegiatan skala prioritas lainnya, seperti pembangunan jalan dua arah dari Desa Sungai Ulu menuju Kantor Bupati Natuna di Bukit Arai, pelebaran jalan hingga ke Kelurahan Batu Hitam serta penyelesaian pembangunan gedung Kantor DPRD Natuna.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, Wan Siswandi menyebutkan akan menggunakan semua sumber dana yang ada, baik itu dari Pusat, Provinsi Kepri maupun dari APBD Natuna.

“Soal sumber dana, akan kita kejar semua baik dari APBN, Provinsi maupun APBD Natuna,” sebut Wan Siswandi.

Sejatinya masih banyak usulan prioritas dari Pemda Natuna yang harus dilaksanakan. Namun, sambung Wan Siswandi, mengingat adanya keterbatasan anggaran yang ada, maka di pilihlah beberapa usulan yang sangat mendesak dan harus dituntaskan dalam waktu dekat.

Sebelumnya Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, juga pernah berkeinginan untuk membangun waduk (danau atau bendungan buatan tempat menyimpan air) dengan ukuran raksasa, agar dapat menyuplai air bersih untuk seluruh masyarakat yang ada di Pulau Bunguran Besar.

Dalam pembangunannya, ia akan berusaha menggaet investor asing, agar mau berinvestasi dalam hal pengelolaan air bersih di Kabupaten Natuna. (Erwin)