Rapat Pandangan Akhir Fraksi DPRD Natuna Terhadap 6 Ranperda

img-20180719-wa0061_1

Natuna, LintasKepri.com – Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, didampingi Ketua I Hadi Chandra, dan Ketua II Daeng Amhar, memimpin Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap 6 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Natuna, Kamis, (19/07/2018) siang.

Mengawali laporan penyampaian akhir fraksi-fraksi, Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap anggota DPRD Natuna yang telah memberi dukungan terhadap pembahasan beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2018.

img-20180719-wa0062_1

Rapat Paripurna ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, segenap Anggota DPRD Natuna, FKPD Natuna, Para Asisten dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Natuna, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Undangan lainnya.

Selanjutnya mendengarkan penjelasan dan laporan pandangan akhir fraksi-fraksi yang disampaikan masing-masing fraksi yakni, Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, PNR, dan GERNAS, dimana semua fraksi menyatakan setuju terhadap 6 (enam) Ranperda yang diajukan dan selanjutnya akan menjadi Perda Kabupaten Natuna Tahun 2018.

img-20180719-wa0063_1

Adapun 6 (enam) Ranperda yang disetujui adalah sebagai berikut, 1. Ranperda tentang Pengelolaan Limbah Domestik, 2. Ranperda tentang Kawasan Tanpa Rokok, 3. Ranperda tentang Penyelenggaraan Penanaman Modal Daerah, 4. Ranperda tentang Barang Milik Daerah, 5. Ranperda tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing, 6. Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2017.

Setiap fraksi menilai bahwa Ranperda yang diajukan sudah sangat layak dijadikan Peraturan Daerah Kabupaten Natuna, sehingga dapat dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan tanpa menunda-nunda lagi.

img-20180719-wa0064_1

Terkait Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2017 setiap fraksi berharap agar penyusunan APBD berikutnya disesuaikan dengan kebutuhan OPD yang ada di Kabupaten Natuna, dan hasil laporan keuangannya harus lebih akuntabel dan transparan agar tidak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran yang tidak tepat sasaran.

Kemudian fraksi-fraksi juga berharap agar Pemerintah Daerah memformulasikan alternative strategi baru yang lebih kreatif dan inovatif, untuk tidak terfokus kepada pajak dan retribusi saja, dalam rangka optimalisasi dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Di penghujung acara Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, menyampaikan bahwa Ranperda yang diajukan akan segera disampaikan kepada Gubernur Kepulauan Riau guna dievaluasi sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan, untuk segera dijadikan Peraturan Daerah Kabupaten Natuna.

Editor : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top