Presiden Dilantik, Komunitas Sosial di Natuna Bagi-bagi Sembako

Para relawan sosial Natuna saat blusukan kerumah-rumah warga miskin, untuk membagikan paket sembako.
Para relawan sosial Natuna saat blusukan kerumah-rumah warga miskin, untuk membagikan paket sembako.

Natuna, LintasKepri.com – Sejumlah komunitas sosial kemanusian di Kabupaten Natuna, yang digawangi oleh Forum Kita Peduli Sesama (FKPS), kembali menyalurkan bantuan berupa kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) kepada para warga miskin, lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, janda hingga anak yatim. Ahad (20/10/2019) siang.

Dalam menjalankan aksinya, FKPS bekerjasama dengan sejumlah komunitas sosial lainnya. Diantaranya Yamaha Fiz R Bersaudara, Suzuki Satria FU Club (SSFC), Motor Jantan (Mojan), Pemuda Muslimin Indonesia dan Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Natuna. Lalu juga turut dibantu oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Natuna dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Kali ini, FKPS Cs menyasar ke Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, untuk menyalurkan bantuan sembako, hasil dari sumbangan para dermawan yang berhasil dikumpulkan oleh komunitas tersebut.

Penyerahan bantuan kepada lansia.
Penyerahan bantuan kepada lansia.

“Ada 32 paket sembako untuk warga miskin, lansia, janda dan penyandang disabilitas yang kami serahkan hari ini. Lalu ditambah dengan 15 bingkisan khusus untuk anak yatim,” ujar Ketua FKPS, Sugianto Utomo alias Yanto.

Yanto menjelaskan, bahwa data untuk menyalurkan bantuan sembako itu, mereka terima dari pihak Pemerintah Desa Limau Manis.

“Awalnya pihak Desa menyodorkan 35 nama, namun ada 3 yang kami coret. Karena setelah kami survey, yang 3 keluarga itu kami lihat masih cukup mampu,” tegas Yanto.

Ketua AJOI Natuna Roy Parlin Sianipar, saat menyerahkan bingkisan kepada salah seorang anak yatim.
Ketua AJOI Natuna Roy Parlin Sianipar, saat menyerahkan bingkisan kepada salah seorang anak yatim.

Sementara itu Kepala Desa Limau Manis, Zaenal Abidin, mengaku sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada para relawan sosial, yang telah sudi memberikan perhatian kepada warganya yang kurang mampu.

Ia berharap sembako dan bingkisan yang disalurkan, dapat meringankan beban hidup bagi keluarga penerima.

“Kami sangat merasa terbantu sekali, semoga ini bermanfaat bagi warga kami. Dan ini sangat tepat sasaran, karena keluarga yang menerima bantuan ini memang benar-benar warga yang tidak mampu,” ucap Zaenal Abidin.

Foto bersama sebelum menjalankan aksi pembagian sembako.
Foto bersama sebelum menjalankan aksi pembagian sembako.

Selain membagikan sembako, Bhakti Sosial yang dilakukan oleh sejumlah komunitas yang ada di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu, juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, bekerjasama dengan pihak UPTD Puskesmas setempat.

Untuk diketahui, bahwa pada hari itu pula, merupakan hari digelarnya sidang paripurna MPR RI, dengan agenda Pelantikan Presiden RI Joko Widodo beserta Wakilnya KH. Ma’ruf Amin, periode 2019-2024, di Gedung DPRD dan MPR RI di Senayan, Jakarta.

Laporan : Erwin Prasetio