Pesan Kasad, TMMD Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat dan Daerah

Foto bersama usai menyerahkan bantuan kursi roda dan tongkat alat bantu berjalan.
Foto bersama usai menyerahkan bantuan kursi roda dan tongkat alat bantu berjalan.

Anambas, LintasKepri.com – Kepala Staff TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andi Perkasa mengatakan, bahwa program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), harus benar-benar tepat sasaran, serta bermanfaat bagi masyarakat dan daerah sasaran TMMD.

Hal itu disampaikan Kasad melalui amanatnya, yang dibacakan oleh Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke 106, dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Kolonel (Inf) Asrul Sani, saat menggelar acara ramah tamah dengan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), di gedung BPMJ Letung, Kecamatan Jemaja, pada Kamis (24/10/2019) kemarin.

Kata Kasad, TMMD merupakan bakti yang dilaksanakan dengan lintas sektoral secara terpadu, bersama Kementerian terkait, Pemerintah Daerah, dan masyarakat sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan disuatu Daerah yang menjadi sasarannya.

“Segala program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat, serta melibatkan unsur-unsur terkait,” tegas Kasad, seperti disampaikan Ketua Tim Wasev TMMD ke 106,  Kolonel (Inf) Asrul Sani.

Tim Wasev TMMD ke 106 Pusterad, saat menggelar ramah tamah bersama masyarakat Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.
Tim Wasev TMMD ke 106 Pusterad, saat menggelar ramah tamah bersama masyarakat Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dengan demikian, jelas Kasad, adapun sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan usulan dari masyarakat, kemudian dibahas kembali untuk di sah kan menjadi program TMMD ditahun anggaran yang telah ditentukan.

“Program TMMD sendiri dilaksanakan selama 30 hari, dan setelahnya akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah, sehingga hasil TMMD dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Kasad.

Sementara itu Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas, Syahtiar, mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Satgas TMMD yang telah memilih Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai lokasi TMMD ke-106, diwilayah Kodim 0318/Natuna.

Ia berharap pada tahun berikutnya, TMMD diwilayah Kodim 0318/Natuna dapat berlanjut dan dilaksanakan kembali di Kabupaten Kepulauan Anambas, yakni melanjutkan kegiatan fisik pembukaan jalan antara Desa Mampok menuju Desa Air Biru, Kecamatan Jemaja.

“Kami atas nama Pemda Anambas tetap akan mensuport segala kegiatan TMMD yang dilakukan oleh Kodim 0318/Natuna. Kami berharap tahun depan bisa dilaksanakan lagi di sini,” harap Syahtiar.

Usai pembacaan amanat Kasad, Satgas TMMD ke-106 wilayah Kodim 0318/Natuna menyerahkan sejumlah alat bantu bagi warga penyandang cacat fisik, diantaranya 2 unit kursi roda dan 1 unit tongkat alat bantu jalan.

Selain itu juga diserahkan bantuan sejumlah alat perlengkapan olahraga kepada seluruh pihak se-Kecamatan Jemaja, serta dilaksanakannya penyerahan dan penukaran cindera mata dari Satgas TMMD kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas, dan sebaliknya.

Dalam ramah tamah tersebut, selain dihadiri oleh Tim Wasev TMMD, juga hadir Dandim 0318/Natuna selaku Dansatgas TMMD ke 106 di Kabupaten Kepulauan Anambas, Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos.M.Tr (Han), para Kepala Desa, Camat dan masyarakat Jemaja.

Laporan : Erwin Prasetio/Tim