Peringati HUT TNI ke 74, Kodim 0318/Natuna Karya Bakti Buat Jamban Sehat

Anggota Kodim 0318/Natuna saat membangun Jamban Sehat untuk warga Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, dalam rangka untuk memperingati HUT TNI ke 74.

Anggota Kodim 0318/Natuna saat membangun Jamban Sehat untuk warga Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74.

Natuna, LintasKepri.com – Dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 74, Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan Karya Bakti.

Karya Bakti tersebut dilaksanakan Kodim 0318/Natuna, melalui Koramil 01/Ranai, dengan membuat jamban sehat, bagi masyarakat Natuna yang belum memiliki jamban.

Salah satu jamban sehat yang dibuat oleh Koramil 01/Ranai bersama sejumlah Staff Ter Kodim 0318/Natuna, yaitu jamban sehat yang dibangun dikediaman Abdullah, warga Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, yang dimulai pada Kamis (19/09/2019) siang.

“Pelaksanaan Jambanisasi ini kami lakukan untuk memperingati HUT TNI ke 74 tahun 2019. Dengan tema TNI Profesional Kebanggaan Rakyat,” terang salah seorang Staff Ter Kodim 0318/Natuna, Serma Adi Iswanto.

Kata Serma Adi Iswanto, kegiatan Jambanisasi tersebut bertujuan untuk menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dilingkungan masyarakat.

Ia menyebutkan, adanya sarana jamban sehat, juga dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan angka kasus stunting di Indonesia.

“Tujuan lainnya supaya selalu terjalin kebersamaan dan kedekatan antara aparatur kewilayahan TNI dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Abdullah, salah satu warga yang menerima bantuan pembuatan jamban sehat dikediamannya, mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada pihak TNI AD, dalam hal ini jajaran Kodim 0318/Natuna. Pasalnya dengan adanya bantuan tersebut, ia bersama keluarganya bisa membuang hajat ditempat yang seharusnya serta layak.

Selain itu, Abdullah pun mengaku tidak perlu mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah, demi mendapatkan sarana jamban sehat. Sehingga uangnya dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak lainnya.

Pembangunan jamban sehat tersebut juga disaksikan langsung oleh Kepala Desa Limau Manis, Zaenal Abidin, beserta para aparatur Desa lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top