Peringati HAN, Dinsos PPPA Natuna Berbagi Alat Tulis untuk Siswa Kurang Mampu

Dinas Sosial PPPA Natuna saat membagikan bingkisan alat tulis kepada para siswa/i kurang mampu, yatim dan piatu.
Dinas Sosial PPPA Natuna saat membagikan bingkisan alat tulis kepada para siswa/i kurang mampu, yatim dan piatu di SDN 004 Ranai.

Natuna, LintasKepri.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna, melalui Seksi Partisipasi Anak, Seksi Tumbuh Kembang Anak dan Seksi Perlindungan Khusus Anak, melaksanakan Anjangsana ke sejumlah sekolah dasar yang ada di Kecamatan Bunguran Timur. Selasa (23/07/2019) pagi.

Anjangsana tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN), yang jatuh pada 23 Juli 2019.

Kepala Dinas Sosial PPPA Natuna, Hj. Kartina Riauwita, melalui Kepala Seksi (Kasi) Riyana Juliati menjelaskan, bahwa anjangsana tersebut sudah dilaksanakan disejumlah sekolah yang ada di 3 Kecamatan di Natuna. Diantaranya di Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Serasan dan Serasan Timur.

Foto bersama siswa/i penerima bantuan.
Foto bersama siswa/i penerima bantuan.

“Melalui peringatan Hari Anak Nasional kali ini, kami ingin ikut berpartisipasi melalui kegiatan anjangsana ke sekolah-sekolah, sekaligus membagikan bingkisan alat tulis kepada anak didik yang kurang mampu, yatim dan piatu,” terang Riyana, disela kegiatan anjangsana.

Riyana berharap, dengan bantuan alat tulis tersebut, tidak ada lagi anak usia pelajar yang putus sekolah, akibat keterbatasan biaya. Karena Pemerintah sendiri, baik dari tingkat Pusat maupun Daerah, sangat fokus untuk memperhatikan masalah pendidikan di seluruh Indonesia, dengan menyisihkan anggaran sebesar 20 persen dari APBN maupun APBD disetiap daerah.

“Mudah-mudahan anak-anak kita bisa tambah semangat dan rajin dalam belajar, demi menggapai cita-cita mereka kedepan,” harap Riyana.

Foto bersama Kepala, Guru dan Murid MI Darul 'Ulum Ranai.
Foto bersama Kepala, Guru dan Murid MI Darul ‘Ulum Ranai.

Beberapa sekolah tingkat dasar yang menjadi tujuan anjangsana tersebut, diantaranya SDN 011 Puak, SDN 004 Sual dan MI Darul ‘Ulum Ranai, Kecamatan Bunguran Timur.

Dalam melaksanakan kegiatan anjangsana tersebut, Dinsos PPPA Natuna juga menggandeng Forum Anak Natuna (FAN), yang bertujuan agar dapat memberikan motivasi dan semangat belajar kepada para siswa-siswi sekolah di tingkat dasar.

Riyana juga menyampaikan permohonan maaf, atas ketidak hadiran Kepala Dinsos PPPA Natuna, dalam lawatannya kesejumlah sekolah pada peringatan HAN 2019 kali ini.

Atraksi dan permainan anak yang dipandu oleh Ketua dan Anggota FAN.
Atraksi dan permainan anak yang dipandu oleh Ketua dan Anggota FAN.

“Karena beliau sedang menghadiri peringatan HAN di Kota Makassar Sulawesi Selatan, sekaligus untuk menerima penghargaan Natuna sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA, red), dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI,” ujar Riyana.

Selain melaksanakan anjangsana kesejumlah sekolah, Dinsos PPPA Natuna juga memberikan beberapa bingkisan dan balon, kepada setiap anak yang bermain di Pantai Kencana Ranai bersama keluarganya, pada Selasa (23/07/2019) petang.

Foto bersama di SDN 011 Puak.
Foto bersama di SDN 011 Puak.

“Kami juga akan mengajak anak-anak disana untuk bermain bersama, sekaligus menyaksikan atraksi yang dibawakan oleh FAN,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Madrasyah Ibtidaiyah (MI) Darul ‘Ulum Ranai, Siti Asmah, mengaku sangat berterimakasih kepada pihak Dinsos PPPA Natuna, yang telah bersedia berkunjung, dan memberikan bantuan alat tulis kepada siswa-siswi yang kurang mampu, pada peringatan HAN tahun ini.

Anjangsana Dinsos PPPA Natuna dalam rangka peringatan HAN 2019.
Anjangsana Dinsos PPPA Natuna dalam rangka peringatan HAN 2019.

“Alhamdulillah MI Darul ‘Ulum mendapatkan kunjungan anjangsana dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta diberikan bantuan alat tulis kepada anak-anak kami yang kurang mampu. Semoga perbuatan baik Ibu-ibu semua mendapatkan balasan dari Allah SWT,” ungkap Siti Asmah, dalam sambutannya.

Kegiatan yang mengangkat tema “Ayo Antarkan Anak Indonesia Gapai Cita-cita” tersebut, juga turut dihadiri oleh Kasi Tumbuh Kembang Anak, Winda Suzana, Kasi Perlindungan Khusus Anak, Ai Lesmana, beserta staff Dinsos PPPA Natuna, Ketua FAN, Firman Afta Ghifari, beserta sejumlah anggotanya.

Laporan : Erwin Prasetio