Peringatan HUT TNI Ke-73 Akan di Pusatkan di Batalyon Komposit I Gardapati

Dandim 0318/Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal.

Dandim 0318/Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal.

Natuna, LintasKepri.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Perbatasan Natuna pada tanggl 05 Oktober mendatang akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 73 yang di ikuti seluruh satuan TNI.

Upacara tersebut rencanakanya akan di pusatkan di markas Batalyon Komposit I Gardapati Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur.

Demikiam di sampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0318 Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal di ruang kerjanya, Senin (01/10/2018) sore.

Kepada sejumlah awak media Yusuf Rizal menjelaskan, terpilihnya Batalyon Komposit I Gardapati sebagai pusat upacara peringatan HUT TNI yang ke 73 di perbatasan Natuna itu bukan tanpa alasan.

Ia menilai, Batalyon Komposit I Gardapati I Natuna adalah merupakan Batalyon jenis Komposit yang pertama di Indonesia. Untuk itu, dirasakan perlu di perkenalkan oleh satuan lainnya seperti dari satuan AL, AU, Pemerintah Daerah, maupun seluruh masyarakat Natuna khususnya.

“Kenapa HUT TNI kali ini kita pusatkan di situ? Karena Batalyon Komposit I Gardapati itu kan masih terbilang satuan Batalyon muda. Setidaknya kita bisa sambil mensosialisasikan keberadaan Batalyon itu kepada seluruh masyarakat Natuna,” jelasnya.

Lanjut Dandim Yusuf menjelaskan, setelah di laksanakannya upacara peringatan HUT TNI nantinya, juga akan dilaksanakan pameran alusista milik satuan TNI AD, khusunya alutsista persenjataan milik Batalyon Komposit I Gardapati. Serta penyerahan santunan kepada sejumlah veteran, hingga acara hiburan bagi para masyarakat yang di undang.

“Kemudian ada juga nanti pameran alutsista milik Batalyon I Gardapati. Namun untuk satuan AL dan AU sendiri saya belum berkoordinasi apakah mereka juga akan mengadakan pameran alutsistanya. Selain itu kita juga ada penyerahan santunan kepada veteran,” ujar Yusuf Rizal.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam peringatan HUT TNI yang ke 73 kali ini mengistruksikan kepada seluruh jajarannya di setiap Daerah perbatasan untuk bisa selalu memberikan kontribusi yang terbaik dalam menjaga keutuhan NKRI. Serta lebih bisa meningkatkan sinergitas bersama Polri dan Pemerintah Daerah.

“Dalam HUT TNI kali ini, Panglima TNI juga menginstruksikan kepada seluruh TNI perbatasan untuk dapat memberikan penampilan terbaik dan peningkatan sinergitas kepada seluruh unsur,” pungkas Yusuf Rizal.

Sebelumnya berbagai kegiatan rangkaian HUT TNI yang ke 73 telah di laksanakan oleh seluruh satuan TNI, diantaranya ialah pembersihan pantai, pembersihan makam, serta pengecatan di sejumlah tempat ibadah.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top