Pemko Tpi

Perdana Penerapan Jalur One Way di Tanjungpinang, Masyarakat Kebingungan

Perdana Penerapan Jalur One Way di Tanjungpinang, Masyarakat Kebingungan.
Perdana Penerapan Jalur One Way di Tanjungpinang, Masyarakat Kebingungan.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Masyarakat yang mengendarai kendaraan kebingungan ketika jalur One Way (satu arah) diberlakukan di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau pada hari ini Senin (2/9).

Penerapan jalur one way ini dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Tanjungpinang.

Beberapa jalan yang ditutup dijadikan satu arah. Salah satu warga Tanjungpinang, Yuli, kebingungan hendak ke tempat kerjanya saat melintas di Jalan Basuki Rahmat menuju Jalan A. Yani Km 5 atas.

“Bingung saya bang, mau pergi kerja harus mutar dulu lewat Jalan Gatot Subroto batu 5 bawah barulah bisa ke tempat kerja saya di batu 5 atas,” ucapnya, Senin (2/9).

“Akibatnya waktu yang digunakan sedikit lama untuk bisa sampai ke tempat kerja karena harus memutar jalan,” tambah Yuli.

Hal serupa juga dikatakan Ijal dimana harus melewati Jalan Basuki Rahmat baru bisa sampai ke Jalan Pramuka untuk mengantarkan anaknya ke sekolah.

“Mutar Basuki Rahmat dulu baru bisa sampai Pramuka bang, biasa dari batu 5 atas langsung saja belok ke Jalan pemuda,” katanya.

Ijal mengaku bahwa dengan diberlakukannya jalur one way ini kemacetan berkurang pada jam-jam pagi.

“Kalau macet memang saya akui berkurang dengan dilakukannya jalur satu arah ini. Tapi kita harus mutar dulu baru bisa sampai ke tujuan dan sedikit memakan waktu,” ungkapnya.

Ijal berharap, pelaksanaan jalur satu arah ini bisa efektif dan mengurangi kemacetan pada pagi hari di jam orang sibuk pergi kerja dan anak masuk sekolah.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Jalan Dishub Kota Tanjungpinang Teguh Susanto, menyampaikan hari ini dimulai dilaksanakan uji coba jalur one way.

“Uji coba jalur one way kita lakukan hari ini dan kita akui masih banyak juga masyarakat belum mengetahuinya meskipun sudah kita lakukan sosialisasi melalui radio dan media masa,” ungkapnya.

Hari pertama, sambung Teguh, petugas melakukan evaluasi bersama Satlantas Tanjungpinang dan kemungkinan akan ada perubahan tentang jalur one way ini.

“Beberapa jalan kita tutup dan menjadi satu arah. Mungkin ini yang membuat masyarakat masih kebingungan,” ungkapnya.

Jalur one way ini dimulai dari pukul 06.00 – 08.30 WIB setiap harinya.

(cho)