'

Pentingnya Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Gurindam Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau, kembali mengadakan Pelatihan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) berbasis komputer untuk ASN selama 5 hari (25-29 Maret 2019) di Comforta Hotel Tanjungpinang, Senin.

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Gurindam Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau, kembali mengadakan Pelatihan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) berbasis komputer untuk ASN selama 5 hari (25-29 Maret 2019) di Comforta Hotel Tanjungpinang, Senin.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Gurindam Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau, kembali mengadakan Pelatihan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) berbasis komputer untuk ASN selama 5 hari (25-29 Maret 2019) di Comforta Hotel Tanjungpinang, Senin.

Ketua LPP Gurindam Kota Tanjungpinang Irmawati, melalui Panitia Pelaksana Rasyid menuturkan, peserta pelatihan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diutus dari beberapa instansi di lingkungan Pemko Tanjungpinang, Pemkab Bintan dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri).

Dari Pemko Tanjungpinang yakni Dinas Perhubungan (Dishub), dan Pemkab Bintan DPKP. Kemudian dari Biro Umum Setda Provinsi Kepri dan BPDASHL Sei Jang Duriangkang.

Rasyid menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah membekali para peserta yang akan dipersiapkan oleh instansinya untuk menjadi PPK, Pejabat Pengadaan, Pokja Pemilihan dan PPHP/PjPHP agar memahami Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) yang dapat diimplementasikan.

LPP Gurindam berharap seluruh peserta yang mengikuti ujian sertifikasi ini dapat lulus 100 persen dan bersertifikasi di bidang keahlian barang/jasa pemerintah dari LKPP.

Peserta yang lulus dan bersertifikasi itu diharapkan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam bidang tersebut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Bagi yang belum lulus dapat kembali mengikuti pada hari ini untuk meneruskan yang tertunda dan mudah-mudahan lulus pada Bimtek kali ini,” ujar Rasyid.

Sebelumnya LPP Gurindam pernah menyelenggarakan kegiatan serupa beberapa kali ditempat yang sama bekerjasama dengan Pemko Tanjungpinang yang dibuka oleh Walikota Syahrul pada 11 Februari 2019.

Kemudian disusul Pemkab Bintan yang menggandeng LPP ini pada 25 Februari 2019.

“Kami berharap kehadiran lembaga kami di Kota Tanjungpinang dapat membantu pemerintah melahirkan ASN yang berkompeten di bidang Pengadaan Barang/Jasa,” tutur Rasyid.

Kegiatan kegiatan yang bermanfaat seperti itu dilaksanakan sejak resmi terdaftar di LKPP dengan Akreditasi B sebagai Lembaga Pelaksana Pelatihan dan Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Mendagri.

Surat Keterangan Terdaftar (SKT) LPP Gurindam dari Mendagri.

Surat Keterangan Terdaftar (SKT) LPP Gurindam dari Mendagri.

LPP Gurindam yang merupakan satu-satunya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) beralamat di Jalan Gatot Subroto No.83-84 Km 5 Bawah Kota Tanjungpinang.

Lembaga ini berdiri pada 12 April 2017 melalui akta pendirian Nomor 21 yang diterbitkan oleh Notaris.

Selanjutnya LPP Gurindam dalam menjalankan operasionalnya juga telah memperoleh izin dari pemerintah daerah setempat.

Untuk diketahui juga bahwa saat ini LPP Gurindam telah memiliki kantor perwakilan di Provinsi Riau yang berkududukan di Bengkalis.

Selain pelatihan PBJP, lembaga ini juga sedang mengembangkan beberapa pelatihan aparatur lainnya seperti Bimtek Keuangan, Kepegawaian, Aset, Perpajakan, Bimtek Anggota DPRD, Bimtek Pengelolaan Dana Desa maupun pengadaan barang dan jasa di desa serta Pelatihan Kompetensi lainnya seperti Publik Speaking, Sertifikasi Selam, IT, Pelatihan Home Industri, dan lain-lain.

(Iskandar)

Baca juga :

Top