Pemko Tpi

Pengerjaan Baru 80 Persen, Jembatan I Dompak Ambruk

Jembatan- I dompak, Foto:Net
Jembatan I Dompak, Foto:Net

Tanjungpinang LintasKepri.com – Jembatan I Dompak sepanjang 1,4 Kilometer penghubung Pulau Dompak dengan Pulau Bintan, tepatnya di jalan Wiratno depan mall Ramayana Tanjungpinang,  pengerjaan baru mencapai sekitar 80 persen sudah ambruk, Jum’at (02/10) sekitar pukul 16.00 WIB, diduga pekerjaan jembatan tersebut asal jadi.

Seorang tim Pelaksana Kerja jembatan bernama Topan, dijumpai media ini di lokasi jembatan di depan mall Ramayana  mengatakan, jembatan yang ambruk sekitar 5 meter disebelah Pulau Dompak.

Topan menambahkan, satu orang korban dalam ambruknya jembatan tersebut. “Korbannya Laki-laki namanya saya kurang tau dia warga Banjarnegara Jawa Tengah (Jateng) yang berdomisili di Camp Pekerja di Dompak,” Katanya, Jum’at (02/09).

Korban, mengalami luka ringan, lanjut Topan, terkilir di bagian kaki karena ditimpa semen cor saat air laut pasang, “Saat ini korban telah di urut di tempat tukang urut, tapi saya kurang tau dimana tukang urutnya,” terang Topan.

Pantauan LintasKepri.com dilapangan terlihat plang Proyek pekerjaan jembatan yang ambruk tersebut, bertuliskan Pembangunan Jembatan 1 (Lanjutan) P Bintan, P Dompak (Multiyears) dengan nomor Kontarak, 0202/SP-HS, MY.PSK DPU/V/2014.

plang proyek jembatan I dompak, tanpa mencantumkan nilai kontrak proyek
plang proyek jembatan I dompak, tanpa mencantumkan nilai kontrak proyek

Sementara nilai kontrak tidak tertulis, diduga untuk mengelabui masyarakat Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau umumnya, padahal dalam Kepres No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, diwajibkan untuk memasang papan nama proyek. Dalam hal ini termasuk nilai kontrak proyek.

Jembatan ini bersumber dana dari APBD provinsi Kepri, waktu pelaksanaan 540 hari kalender, Kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero) dengan menejemen kontruksi PT Lapi Ganeshatama Consulting.

Kapolsek Bukit Bestari Kompol Zulkarnaen mengatakan, penyebab ambruknya jembatan I dompak belum diketahui. “Yang kami ketahui dari keterangan bapak Adi selaku menejer PT Wika, penyebabnya belum diketahui dengan pasti dan ini akan dilakukan investigasi oleh tim. sedangkan korban jiwa tidak ada,” katanya melali pesan singkat (SMS) kepada media ini.(Aliasar)