Pengabdian Sang Penjaga Perbatasan, Anggota Koramil 03/Sedanau

Kopda Sahat MP Sinaga saat menolong ibu-ibu menggendong bayinya.

Kopda Sahat MP Sinaga saat menolong ibu-ibu untuk menggendong bayinya.

Natuna, LintasKepri.com – Kopda Sahat MP Sinaga dan Kopda Zulkarnaini, dua orang Anggota TNI AD dari jajaran Koramil 03/Sedanau, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Selaut, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kedua orang abdi negara itu, memang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Desa Selaut. Kunker tersebut dilaksanakan pada Rabu (20/03/2019) pagi.

Kunker tersebut, dilaksanakan oleh Kopda Sahat MP Sinaga dan Kopda Zulkarnaini, dalam rangka mendampingi rombongan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) serta Forum Komunikasi Daerah (Forkomda) Partisipasi Publik terhadap Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PUSPA) Bahari Natuna, untuk melakukan pendataan dan memberikan pembinaan, kepada para pelaku Industri Rumahan (IR) di Desa tersebut.

Kopda Zulkarnaini saat menolong salah seorang penumpang naik ke atas pelabuhan.

Kopda Zulkarnaini saat menolong salah seorang penumpang naik ke atas pelabuhan.

“Sekalian kami mau bersilahturahmi kepada warga binaan kami, yang berada di Desa Selaut,” ujar Kopda Zulkarnaini, diatas pompong saat menuju Desa Selaut.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pembinaan IR dari Dinsos PPPA dan PUSPA Bahari Natuna, para Ibu-ibu di Desa Selaut bisa memahami dan menjalankan usahanya dengan maksimal. Sehingga, dapat untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarganya.

“Mudah-mudahan peserta pelatihannya mengikuti segala rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh dan serius. Agar apa yang telah menjadi program Pemerintah ditingkat Desa, bisa terserap dengan baik,” harap Kopda Zulkarnaini.

Babinsa bersama rombongan dari Dinsos PPPA Natuna saat menuju ke Desa Selaut, dengan menggunakan kapal motor (pompong).

Babinsa bersama rombongan dari Dinsos PPPA Natuna saat menuju ke Desa Selaut, dengan menggunakan kapal motor (pompong).

Lelaki berdarah Aceh itu menambahkan, bahwa kunjungan tersebut juga dalam rangka melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), antara Babinsa dengan warga binaannya.

“Melalui Komsos, kita juga bisa sekaligus menjaga keamanan diwilayah binaan kami. Selaut ini juga merupakan Pulau terluar NKRI, yang musti kita jaga,” pungkasnya.

Tiba di Pelabuhan Desa Selaut, sekitar pukul 09:15 Wib, rombongan langsung disambut hangat oleh Kepala Desa Selaut, Abu Hair, beserta perangkatnya.

Tampak Babinsa Selaut saat menghadiri kegiatan Pendataan dan Pembinaan IR oleh Dinsos PPPA Natuna.

Tampak Babinsa Selaut saat menghadiri kegiatan Pendataan dan Pembinaan IR oleh Dinsos PPPA Natuna.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Selaut Kopda Sahat MP Sinaga, juga tampak sibuk untuk membantu para penumpang yang hendak naik keatas pelabuhan. Salah satunya adalah seorang ibu yang sedang menggendong anak kecil, yang kesulitan untuk naik keatas pelabuhan, lantaran kondisi air laut sedang surut.

“Terimakasih banyak ya Pak,” ucap Ibu paruh baya tersebut, kepada Kopda Sahat MP Sinaga. “Sama-sama buk, hati-hati ya,” timpal sang Babinsa, dengan penuh keramahan.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top