Pemotongan Tumpeng Warnai HUT TNI ke 73 di Ujung Utara NKRI

img-20181005-wa0044

Natuna, LintasKepri.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI), menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) mereka yang ke 73. Peringatan tersebut jatuh pada 05 Oktober 2018.

Selain digelar di Mabes TNI, peringatan tersebut juga digelar serentak disetiap kesatuan TNI yang tersebar diseluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

HUT TNI ke 73 di Bumi Sakti Rantau Bertuah kali ini, dipusatkan di Markas Komando Batalyon (Makoyon) Komposit I/Gardapati, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur. Jum’at (05/10/2018) pagi, sekitar pukul 08:00 Wib.

img-20181005-wa0042

Dalam hal ini, Komandan Lanud Raden Sadjad (RSA) Ranai, Kolonel (Pnb) Prasetiya Halim, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sementara Wadanyon Komposit I/ Gardapati, Mayor (Arh) Alse Arianto, bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup).

Kolonel (Pnb) Prasetiya Halim, ketika menyampaikan amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, bahwa kita harus senantiasa memberikan do’a kepada saudara kita yang terkena musibah di Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Serta terhadap saudara kita di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sampai saat ini belum pulih total.

“TNI bersama berbagai komponen bangsa lainnya telah kekerja bahu-membahu. Kita berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita. TNI telah menyerahkan personil dan alutistanya untuk memberikan pertolongan utama, laksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap,” ujar Prasetiya Halim, menyampaikan amanat Panglima TNI.

img-20181005-wa0043

Kata Panglima, apa yang dilaksanakan TNI di lokasi bencana, baik pengarahan personil maupun alutsista, adalah sebagian dari bentuk propesionalisme TNI. Oleh karena itu, kata dia, sangat tepat apabila peringatan HUT TNI ke 73 tahun 2018 ini, mengambil tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat”.

“TNI juga turut serta dalam menjaga kedamaian dunia, dengan mengirimkan pasukan garuda dalam misi PBB ke berbagai negara, sebagai bentuk partisipasi negara dalam mewujudkan perdamaian dunia,” katanya.

Ditambahkannya, bahwa TNI akan menambah berbagai jenis Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) pada akhir tahun 2019 mendatang. Seperti Rudal, Sthirtreak untuk TNI AD, Kapal Selam, Pesawat CN 235 untuk TNI AL dan TNI AU, serta Pesawat Tempur Sukhoi 35 untuk TNI AU.

p_20181005_083433

Usai upacara, kegiatan diisi dengan pemotongan nasi tumpeng HUT TNI ke 73, yang dilakukan oleh Kolonel (Pnb) Prasetiya Halim, yang disaksikan Bupati Natuna yang diwakili oleh Asisten III Izwar Asfawi, Ketua DPRD Natuna Yusripandi, oleh Danyon Komposit I/Gp Letkol (Inf) Ahmad Daud Harahap, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0318 yang diwakili oleh Danramil 01 Ranai Mayor (Inf) Hendra Gunawan, Dansatrad 212 Ranai Letkol Lek Ida Bagus Surya Darma, Dansupom Ranai Kapten (Cpm) Hariyono, Danalanal Ranai atau yang mewakili, para veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pengusaha dan para tamu undangan.

Selain itu, dipenghujung acara juga dilaksanakan tali asih, dengan memberikan santunan terhadap para veteran dan anak yatim, yang diserahkan langsung oleh Ibu Persit, Pia Ardya Garini dan Jalasenatri.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top