Pemko dan DPRD Tanjungpinang Sepakat Petugas Kebersihan Kembali Bekerja

– Batal Diberhentikan

Puluhan petugas kebersihan foto bersama anggota DPRD Tanjungpinang usai Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin (4/3).

Puluhan petugas kebersihan foto bersama anggota DPRD Tanjungpinang usai Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin (4/3).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang dan DPRD setempat sepakat mempekerjakan kembali puluhan tenaga harian lepas (THL) yang sempat diberhentikan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang beberapa hari lalu.

Keputusan mempekerjakan kembali THL yang sempat diberhentikan tersebut berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat bersama DPRD dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perkim, Senin (4/3).

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi I Maskur Tilawahyu, Wakil Ketua I Ade Angga dan Wakil Ketua II Ahmad Dani DPRD Kota Tanjungpinang itu melahirkan keputusan bersama antara wakil rakyat dengan pemerintah bahwasanya petugas kebersihan tetap kembali bekerja.

Angota Komisi II Peppy Candra mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah sang kepala Dinas Perkim Amrialis berkoordinasi dengan Walikota Tanjungpinang terkait persoalan pemberhentian THL di kantornya tersebut.

Rapat Dengar Pendapat bersama DPRD dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perkim, Senin (4/3).

Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perkim, Senin (4/3).

“Rapat yang panjang akhirnya diputuskan setelah berkoordinasi dengan kepala daerah bahwa kontrak para pahlawan kebersihan Kota Tanjungpinang itu tetap diperpanjang,” kata Peppy.

Dia menjelaskan, untuk petugas kebersihan yang betul-betul ingin menerima keputusan pemberhentian tersebut sah-sah saja, dan bagi mereka yang ingin digantikan oleh anggota keluarganya juga diperbolehkan.

“Inti keputusan pemberhentian itu batal, namun bagi yang ingin digantikan oleh keluarganya juga dipersilahkan,” tegas Peppy.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang Amrialis mengatakan, sementara ada 8 orang yang telah menerima keputusan pemberhentian tersebut, dan mereka telah mengajukan pengganti dari anggota keluarganya.

Rapat Dengar Pendapat bersama DPRD dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perkim, Senin (4/3).

Rapat Dengar Pendapat bersama DPRD dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perkim, Senin (4/3).

“Untuk sementara sudah ada 8 orang yang mengajukan keluarganya sebagai pengganti, dan yang masih ingin bekerja untuk sementara diperbolehkan. Hal ini merupakan hasil RDP bersama DPRD Kota Tanjungpinang,” tegas Amrialis.

Kedepan, kata dia, THL yang berumur diatas 50 tahun tetap akan diberhentikan setelah mengajukan pengganti dari anggota keluarga.

Amrialis membeberkan, sembari menunggu pengganti dari anggota keluarga, sebanyak 20 orang kembali diperbolehkan bekerja.

“Kedepannya kita perlahan-lahan menggantikannya dengan keluarga mereka karena faktor umur,” jelasnya.

Sebelumnya belasan petugas kebersihan Tanjungpinang di Tugu Pensil sempat curhat kepada anggota DPRD setempat tentang nasib mereka usai menerima keputusan pemberhentian dari Dinas Perkim, Minggu (3/3) lalu dengan alasan faktor umur.

(dar)

Baca juga :

Top