Pemkab Natuna “Kecipratan” Hibah Rp 100 M dari Jepang untuk Bangun SKPT

Pintu gerbang SKPT Selat Lampa, Kabupaten Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Di tahun 2021 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), berhasil mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp 100 Milyar, dari Pemerintah Negara Jepang.

Dana bernilai fantastis itu di pergunakan untuk membangun fasilitas penunjang di pasar modern Ranai Kecamatan Bunguran Timur dan sarana pendukung di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, di Kecamatan Pulau Tiga.

“100 milyar itu untuk membangun sarana di dua SKPT, yakni untuk menambah bangunan pasar modern Ranai dan membangun faktor-faktor penunjang SKPT di Selat Lampa, seperti Cold Storage dan kolam labuh,” jelas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin, beberapa waktu lalu di Ranai.

Zakimin, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna.

Kata Zakimin, bantuan hibah dari pemerintah Jepang kepada pemerintah Republik Indonesia, untuk mendukung sektor perikanan di bumi pertiwi tahun ini, ada sebanyak 6 paket. 2 di antaranya menyasar ke Kabupaten Natuna, Kepri.

Di jelaskan Zakimin, pengerjaan dua proyek besar itu akan di mulai pada bulan Juni mendatang.

“Terkait regulasinya semua ada di pusat. Kita di daerah hanya membentuk pokja (kelompok kerja, red),” imbuhnya.

Sejauh ini, kata dia, masih dalam tahap revisi dan review untuk pembuatan Detail Engineering Disign (DED) SKPT, serta masih dalam proses mengurus izin reklamasi dan Amdal.

Maket pembangunan pasar modern Ranai.

“Tahapan itu sudah di lakukan di Provinsi, dan sudah hampir selesai,” pungkas Zakimin.

Ia berharap dengan adanya pembangunan sarana pendukung di 2 SKPT, dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat pesisir.

Terpisah, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Hendra Kusuma, mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menyambut baik dan berterimakasih kepada Pemerintah Jepang dan Indonesia, yang telah memilih Natuna sebagai salah satu daerah penerima hibah di bidang kelautan dan perikanan.

Kata Hendra Kusuma, kehadiran SKPT telah memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat Natuna.

Pj. Sekda Natuna, Hendra Kusuma.

“Dalam dua tahun terakhir ini, manfaat SKPT telah di rasakan oleh masyarakat kita. Terlebih dengan adanya penambahan pembangunan sarana SKPT, tentu akan memberikan dampak yang baik bagi pemerataan pembangunan dan ekonomi daerah,” ujar Hendra Kusuma.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perkim Natuna itu berharap, kehadiran SKPT mampu menekan angka pengangguran di daerah yang di apit oleh sejumlah negara di Asia tersebut.

“Tentu manfaat lainnya yang kita harapkan, yaitu dapat menyerap tenaga kerja lokal,” tutup Hendra Kusuma. (Erwin)