Pemda Natuna Minta Kemenlu Desak Dubes AS Soal Kerjasama Pariwisata

img-20190215-wa0045

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, melalui Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Antar Lembaga, Ronnie Indra, melakukan pertemuan dengan Direktur I Amerika Serikat, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Zelda.

Pertemuan tersebut dilakukan oleh Pemda Natuna, untuk meminta pihak Kemenlu agar mendesak pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat (Dubes AS), untuk menindaklanjuti mengenai rencana kerjasama disektor Pariwisata, di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang telah dijanjikan oleh Dubes AS beberapa waktu lalu.

Janji itu, kata Ronnie Indra, disampaikan oleh Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr., saat berkunjung ke Kabupaten Natuna akhir tahun 2018 kemarin.

Janji yang disampaikannya, yaitu mengenai rencana Investasi Amerika Serikat disektor Pariwisata yang ada di Kabupaten Natuna.

img-20190215-wa0044_1

Menurutnya, hal ini harus terus didesak, agar peluang Natuna untuk melebarkan sayapnya di Industri Pariwisata, segera tercapai.

“Sebagai Kasubbag Antar Lembaga, ini merupakan tugas Saya untuk mem Follow Up kegiatan tersebut. Meski demikian, apapun yang dilakukan disini, tetap dilaporkan kepada Bupati Natuna,” kata Ronnie Indra, saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp (WA), pada Jum’at (15/02/2019) siang.

Ronnie mengatakan, dalam pertemuan penting tersebut, tidak lupa dirinya meminta, agar dilakukan pengawalan terhadap setiap usulan. Supaya Natuna segera ditetapkan menjadi Geopark Dunia.

Masih kata Ronnie, berbagai pertemuan dilakukan baik dengan Direktur Ekonomi Dedutaan Besar Amerika Serikat, Deputi Perencanaan Potensi Investasi dan BKPM Nurul Ikhwan, dengan tujuan agar roda perekonomian dan pembangunan di Natuna cepat berkembang.

“Apalagi Natuna merupakan poros tengah Negara Asean, jadi hal ini harus bisa di prioritaskan,” katanya.

Terkait sektor Migas, dirinya mengaku juga telah melakukan pertemuan dengan sahabat lamanya, yaitu Reza Rajasa. Anak kandung dari Hatta Rajasa tersebut, merupakan Pengusaha muda di bidang Migas, yang telah lama malang melintang di bisnis sektor Migas.

Oleh sebab itu, ia berharap kedepan ada solusi terkait sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Natuna, baik dari sektor Pariwisata, Kelautan dan Perikanan serta Migas.

“Kita membahas potensi Migas dan sektor Perikanan di Natuna. Saya pun juga minta bantuan kepada beliau, untuk mencarikan solusi tentang Migas di Natuna kedepannya,” pungkas Ronnie.

Anak kandung dari Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal itu berharap, agar apa yang telah dilakukan Pemerintah untuk membangun Natuna, dapat bermanfaat dan hasilnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Laporan : Erwin Prasetio