Pemko Tpi

Pelantikan Ansar-Marlin Direncanakan Rabu Depan

Berkas persyaratan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Ansar Ahmad-Marlin Agustina dinyatakan lengkap saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Jumat (4/9) pagi 2020 lalu. Foto: dokumen LintasKepri.com.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pejabat (Pj) Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro, mengatakan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih, Ansar Ahmad-Marlin Agustina, direncanakan akan digelar pada Rabu (3/3) mendatang.

Hal itu dikatakan Suhajar saat pelaksanaan apel pagi di Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Senin (22/2) pagi.

“Pelaksanaan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Definitif direncanakan paling cepat pada Rabu depan,” ucapnya.

Pelantikan tersebut, sambung mantan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri ini, akan dilaksanakan di Istana Negara, DKI Jakarta. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Ansar-Marlin.

“Presiden Jokowi akan melantik beliau. Saat ini kita sedang menggesa untuk proses tahapan pelantikan,” katanya.

Tahapan yang digesa saat ini, lanjut Suhajar, antara lain menerima hasil penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri.

Kemudian sidang paripurna DPRD untuk mengesahkan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kemudian hasil sidang paripurna DPRD akan dikirimkan ke presiden untuk dibuat Keputusan Presiden. Setelah itu baru pelantikan,” tutur mantan Rektor Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) ini.

Seperti diketahui, pada Pilgub yang dihelat 9 Desember lalu, Ansar-Marlin memperoleh 308.553 suara atau sekitar 39,97 persen.

Sementara Paslon 01 Soerya-Iman dengan jargon SINERGI, hanya memperoleh suara sebanyak 183.317 atau 23,74 persen dari jumlah partisipan Pilkada 2020 di Kepri.

Sedangkan pasangan Isdianto-Suryani yang merupakan petahanan dengan jargon INSANI, menempati peringkat ke dua dengan memperoleh dukungan sebanyak 280.160 suara atau sekitar 36,29 persen.

(san)