Panjat Batang Pinang Ala Kaum Hawa

Panjat Batang Pinang Ala Kaum Hawa.

Panjat Batang Pinang Ala Kaum Hawa.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Warga RW 04 Kelurahan Bukit Cermin Kota Tanjungpinang, Minggu (26/8), menggelar pesta rakyat berupa panjat batang pohon pinang sempena memperingati HUT RI ke-73 tahun dengan peserta dari kalangan ibu-ibu.

Acara bertempat di pelataran rumah seorang warga di RW 04 Kelurahan Bukit Cermin seputaran Masjid Darussalam. Biasanya panjat pinang dilakukan oleh bapak-bapak atau kaum Adam. Akan tetapi ditahun ini pesertanya dari kaum Hawa.

Sensasi panjat batang pohon pinang dengan ukuran 4,5 meter untuk kaum Hawa ini dibagi beberapa kelompok. Pemanjat pinang terlihat antusias guna memperebutkan hadiah yang sudah bergantung diatasnya berupa uang tunai, peralataran dapur dan lain-lain.

Salah seorang peserta lomba panjat batang pohon pinang, Ayu, mengaku kesulitan memanjat batang pinang yang sudah dilumuri minyak makan dan minyak gemok.

“Agak sulit juga memanjat pinang yang sangat licin ini. Tapi kami senang karena kami bisa bereksperimen dengan hal baru. Kami ingin merasakan gimana rasanya memanjat pinang karena biasanya panjat pinang untuk laki-laki,“ papar Ayu.

Panjat Batang Pinang Ala Kaum Hawa.

Panjat Batang Pinang Ala Kaum Hawa.

Penontonpun bersorak manakala mereka berhasil mencabut dan mengibarkan bendera merah putih yang sudah terpasang diatas batang pinang.

Berbagai hadiah berhasil diraih oleh mereka dari tubuh pinang. Nampak tergambar kepuasan dari wajah peserta karena berhasil memanjat pinang setinggi 4,5 meter tersebut.

Ketua RW 04 Kelurahan Bukit Cermin, Junaini Darka menuturkan, kegiata sengaja diadakan untuk menghibur para warga.

“Terutama ingin mengajarkan kepada ibu-ibu untuk tidak pantang menyerah. Ibu-ibu juga harus ikut berjuang dan dalam berjuang diperlukan kerjasama,“ katanya.

(dar)

Baca juga :

Top