Ngesti Buka Sosialisasi Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen ASN

Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti.

Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti.

Natuna, LintasKepri.com – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, membuka acara Sosialisasi Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, Ranai (06/12/2018) siang.

Hadir pada pertemuan tersebut, rombongan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Asisten Administrasi Umum dan Beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

img-20181207-wa0029

Wabup Ngesti dalam sambutannya mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah terus berbenah dan mulai menerapkan aturan-aturan berlaku bagi ASN. Diantaranya penerapan seleksi untuk jabatan-jabatan strategis seperti pimpinan OPD.

Dengan adanya seleksi jabatan tersebut, maka pimpinan OPD akan benar-benar bekerja sesuai dengan kemampuan dan berkompeten dalam menerapkan atau mengambil kebijakan pada instansi dipimpinannya.

img-20181207-wa0026

Ngesti berharap, KASN dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan melalui monitoring terhadap sistem kerja OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Hal ini sebagai bentuk dukungan bagi mewujudkan ASN yang profesional serta OPD produktif dalam pelaksanaan kewenangan dan tanggungjawabnya.

Sementara itu, Komisioner KASN Nuraida Mokhsen menerangkan, bahwa Sistem Merit merupakan kebijakan manajemen SDM Aparatur Negara, berdasarkan kualifikasi kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar, bukan dikarenakan koneksi politik.

img-20181207-wa0027

Selanjutnya, Nuraida juga mengatakan bahwa pihaknya memang berencana untuk melakukan studi Penerapan Sistem Merit ini, dimana berdasarkan PP Nomor 11 Tahun 2017 menerangkan bahwa salah satu pelaksanaan sistem merit adalah pengisian Jabatan Pratama Tinggi (JPT) melalui seleksi terbuka.

Lanjutnya, informasi tentang Sistem Merit ini dirasa penting untuk disampaikan bagi kalangan ASN dalam berbagai jabatan. Agar dapat memetakan kebutuhan ASN berdasarkan kompetensi secara lebih efektif yang dirasa akan berimbas pada peningkatan kinerja aparatur serta produktifitas OPD dimasa mendatang.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top