Natuna Kedatangan Presiden Global Geopark Network UNISCO

img-20181222-wa0047

Natuna, LintasKepri.com – Presiden Global Geopark Network UNISCO Guy Martini mengunjungi kawasan Geopark Nasional Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu, (22/12/2018) siang.

Tiba di Natuna Guy Martini bersama tim Asesor UNISCO disambut langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Izwar Asfawi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hardinansyah Razani, Kepala Disparbud, Erson Gempa Afriandi dan Kepala BP3D, Moestafa.

Asisten Administrasi Umum dan juga Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna (BPGN), Izwar Asfawi, mengucapkan selama datang, “Wellcome To Natuna”.

“Inilah Natuna, Kabupaten yang dianugerahi alam yang indah, berbeda dengan daerah lain,” ujar Izwar dalam sambutannya.

Natuna sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional, dengan itu, Izwar berharap, kedepannya Geopark Nasional Natuna terus berkembang dan menjadi UNISCO Global Geopark.

Sementara itu, Kepala Disparbud, Erson Gempa Apriandi mengatakan, dalam waktu dekat ini kita bersama tim Geopark Natuna harus segera menindaklanjuti rekomendasi dari komite Nasional Indonesia.

Sekian itu, ada beberapa hal yang harus kita sempurnakan dan dilengkapi dari rekomendasi tersebut. “Itu setiap Geosite,” tegas Erson.

Erson menuturkan, dari semua Geosite yang terpilih kita buat simbol (penjelasan) cerita tentang area ini, disetiap Geosite harus ada masyarakat yang dibina, membuat akses, dan tema – tema disetiap Geositenya.

“Insyaallah tahun depan akan segera kira siapkan dan akan melatih kelompok pengelola. Jadi nanti disetiap Geosite akan ada pengelola yang terlatih dan akan dibangun jejaring kerja, sehingga mereka akan saling bersinergi,” ujarnya.

Erson menambahkan, untuk mendukung Geopark Nasional Natuna sebagai UNISCO Geopark, sebuah Geopark juga harus memenuhi beberapa unsur yaitu, keberagaman geologi, keberagaman budaya, dan keberagaman hayati.

Dalam kunjungannya, Guy Martini bersama tim Asesor UNISCO meninjau lokasi Geosite wilayah utara Natuna yaitu, Geosite Jelita Sejuba, Mangrove Semitan, Geosite Tanjung Datuk, Geosite Goa Kamak, dan Geosite Alif Stone.

Sebelumnya di Geosite Jelita Sejuba, Presiden Global Geopark Network UNISCO Guy Martini juga telah melakukan penandatanganan prasasti.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top