MV. Voc Batavia Tabrak Super Tanker Saat Hendak ke Tanjungpinang

MV. Voc Batavia.

MV. Voc Batavia.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Kapal cepat jenis ferry MV. Voc Batavia rute Anambas-Tanjungpinang (PP), berpenumpang 153 orang (WNI) menabrak MT. Pacific Crown (Kapal Super Tanker), Kamis (11/10), di laut lepas (alur pelayaran) pada posisi 01°42.885 U -104°42.616 T.

Berdasarkan data yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 13.14 WIB pada saat sudah mendekati laut Bintan. Cuaca saat itu hujan deras sehingga mengganggu jarak pandang Kapten kapal.

MV. Voc Batavia.

MV. Voc Batavia.

Di kecepatan 23 Knot pada jarak 100 meter, nahkoda MV. Voc Batavia menurunkan kecepatan dan benturan pun terjadi dengan MT. Pacific Crown. Pukul 13.18 WIB diketahui 1 orang penumpang (posisi diluar atas lambung kiri MV. Voc Batavia) menjatuhkan diri ke laut akibat benturan.

Selanjutnya MV. Voc Batavia memutar haluan kapal untuk melaksanakan evakuasi 1 orang penumpang yang terjatuh ke laut. Selanjutnya penumpang dapat diselamatkan oleh ABK MV. Voc Batavia menggunakam Lifeboat.

MV. Voc Batavia melanjutkan perjalanan ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau setelah mesin kapal diketahui tidak mengalami kerusakan setelah dilakukan pengecekan.

(*)

Baca juga :

Top