Pemko Tpi

Mudahkan Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi PLN Mobile

Manajer PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjungpinang, Suharno.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Tanjungpinang mengajak masyarakat Provinsi Kepri khususnya Kota Tanjungpinang untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone masing-masing.

Manajer PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjungpinang, Suharno, menuturkan, sejak 18 Desember lalu PLN telah melaunching aplikasi PLN Mobile secara nasional.

“Aplikasi ini untuk mempermudah kami dalam melayani masyarakat. Maka, kami mengajak masyarakat untuk mendownload aplikasi PLN Mobile ini di smartphonenya masing-masing. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iPhone,” ujar Suharno di Kedai Kopi Batu 10, Rabu (30/12).

Di dalam aplikasi PLN Mobile, sambung Suharno, ada fitur yang memudahkan pelanggan. Salah satunya swaCam, yang fungsinya untuk memfoto angka meteran secara mandiri.

“Jadi, tidak perlu lagi nunggu petugas kami datang ke rumah hanya untuk memfoto meteran. Ini sudah bisa difoto sendiri,” ujar Suharno.

Selain itu, didalam aplikasi tersebut, pelanggan bisa membeli token atau membayar rekening listrik secara mandiri. Sehingga, tidak perlu repot-repot ke PLN untuk membayar listrik.

“Di aplikasi ini, kita juga sediakan layanan pengaduan. Kalau pelanggan ada mengeluh dengan kami, misalnya listrik di rumahnya gangguan. Tinggal mengadu saja lewat aplikasi itu, dan nanti petugas kami langsung meluncur ke rumah masyarakat yang mengadu,” kata Suharno.

Suharno melanjutkan, saat ini masyarakat belum bisa mengakses fitur notifikasi pemadaman. Karena, kata dia, fitur tersebut baru bisa diakses untuk daerah Jawa, Madura dan Bali.

“Tempat kita belum bisa digunakan fitur notifikasi pemadaman. Nah, fiture ini fungsinya ketika PLN ada pemeliharaan jaringan, maka otomatis satu jam sebelum pemadaman ada notifikasi. Namun sangat disayangkan tempat kita belum berfungsi. Ke depan kita usahakan agar bisa segera difungsikan,” tutur Suharno.

(san)