Mengharukan, Bhabinkamtibmas Ranai Lakukan Ini Terhadap Haryono

Briptu Mudiyanto saat menyerahkan Kartu Natuna Sehat kepada Haryono.
Briptu Mudiyanto saat menyerahkan Kartu Natuna Sehat kepada Haryono.

Natuna, LintasKepri.com – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Briptu Mudiyanto, melakukan kegiatan kemanusiaan, terhadap seorang pria paruh baya, yang hidup sebatang kara.

Adalah Haryono (46), warga Jalan Pramuka, Gang Mulia RT 002 RW 005 Sual, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur. Pria asal Malang Jawa Timur (Jatim) yang hidup tanpa keluarga ditanah perantauan itu, kondisinya sangat memprihatinkan dan sering sakit-sakitan.

Hal tersebut diataslah, yang membuat Briptu Mudiyanto merasa iba, dan berniat membawanya ke Puskesmas. Namun apalah daya, ternyata pria yang tinggal disebuah pondok reot itu, ternyata tidak memiliki identitas resmi di bumi sakti rantau bertuah. Hal itu lantas menyulitkan dirinya dalam mendapatkan pelayanan umum berupa kesehatan.

Bhabinkamtibmas Ranai saat mendatangi rumah reot kediaman Haryono.
Bhabinkamtibmas Ranai saat mendatangi rumah reot kediaman Haryono.

“Itulah kenapa saya bantu beliau (Haryono, red) untuk menguruskan KK, KTP dan Kartu Natuna Sehat, agar beliau dapat mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dari Pemda Natuna,” terang Mudiyanto kepada LintasKepri.com, Rabu (04/07/2018) kemarin.

Mudiyanto mengatakan, bahwa Haryono saat ini tinggal disebuah gudang yang terbuat dari kayu, milik salah seorang warga dikawasan Sual. Haryono sendiri kesehariannya hanya mengharapkn uluran tangan dermawan, dalam menyambung hidupnya sehari-hari. Karena kondisi fisiknya sangat lemah, dan tidak mampu untuk melakukan berbagai aktifitas layaknya manusia normal seusianya.

“Dia ndak bisa kerja dan ndak kuat lagi mas. Kalau untuk makan, kadang mengaharapkan belas kasihan warga. Kami dari Polsek Bunguran Timur kemarin sudah dua kali ngasih sembako. Rumah pun tak punya. Tapi Alhamdulilah ada orang baik hati yang bersedia meminjamkan gudangnya, untuk tempatnya tinggal,” ungkap Mudiyanto dengan welas asih.

Briptu Mudiyanto saat menyerahkan KK Haryono, yang baru saja diurusnya.
Briptu Mudiyanto saat menyerahkan KK Haryono, yang baru saja diurusnya.

Selain menguruskan administrasi kependudukan dan memberikan sembako, Bhabinkamtibmas Ranai juga berencana membawa Haryono ke Puskesmas maupun RSUD Natuna, untuk mendapatkan pelayanan medis atas penyakitnya yang sampai saat ini belum diketahui.

“Setelah mendapatkan Kartu Natuna Sehat, nanti kami akan bawa beliau ke Puskesmas, supaya segera mendapatkan perawatan,” tutup Mudiyanto.

Laporan : Erwin Prasetio