Pemko Tpi

Masyarakat Bugis Tersanjung Atas Penamaan Stadion Arung Bilawa

Ketua Forum Pemuda Sulsel Kota Tanjungpinang, Muhammad Imran.

Kepri, LintasKepri.com – Pemerintah Provinsi Kepri telah membangun Stadion Sepak Bola Arung Bilawa di Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang. Rencananya stadion tersebut akan digunakan oleh masyarakat setempat untuk berolahraga.

Informasi yang dihimpun, Stadion Arung Bilawa akan diresmikan langsung oleh Kementerian Olahraga Republik Indonesia pada 24 September mendatang. Sekaligus bertepatan dengan hari Marwah Provinsi Kepri.

Ketua Forum Pemuda Sulsel Kota Tanjungpinang, Muhammad Imran, menuturkan, penamaan stadion tersebut melalui kajian yang mendalam.

“Nama tersebut sangat lekat dengan masa kejayaan Kesultanan Johor Riau Lingga,” ujarnya, Kamis (3/9).

Pemuda Bugis Makassar, sambung Imran, menyambut baik atas penamaan stadion tersebut. Apalagi, menyangkut para leluhur masyarakat Bugis.

“Atas penamaan tersebut, sangat menyentuh hati bagi Pemuda Bugis di Kota Gurindam ini. Karena, pemerintah dan pemangku kepentingan masih mengingat para leluhur dan kami sangat apresiasi hal tersebut,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal Pengukuhan Badan Pimpinan Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Tanjungpinang, Arifin Ahmad, mengatakan, penamaan stadion tersebut tak diragukan lagi bahwa nama Arung adalah nama yang mencirikan identitas orang Bugis dan hasil kajian Lembaga Adat Melayu.

“Atas penamaan tersebut, menunjukkan bahwa Melayu dan Bugis tidak terpisah dan hubungan tersebut telah dibina sejak lama yang dibuktikan dengan sumpah setia Melayu dan Bugis,” katanya.

Arifin berharap agar kedepan Stadion Arung Bilawa bisa membawa Kepri ke kancah nasional.

“Dan olahraga sepak bola di Kepri bisa bangkit,” pungkasnya.

(san)