disdik kota

Masjid Selemam Jadi Lokasi Perdana Jum’at Keliling Pemuda Muslim Natuna

Para pengurus dan anggota PC Pemuda Muslim Natuna, saat menunggu para jamaah Sholat Jum'at.
Para pengurus dan anggota PC Pemuda Muslim Natuna, saat menunggu para jamaah Sholat Jum’at.

Natuna, LintasKepri.com – Setelah berjalannya program Magrib Keliling (Maling), Pelatihan Dakwah dan Olahraga, kini Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mulai menjalankan program lainnya, yaitu Jum’at Keliling (Jumling).

Masjid Al-Babussalam di Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, menjadi Masjid perdana yang dikunjungi oleh Pemuda Muslim Natuna diawal tahun 2020 ini. Kegiatan itu dilaksanakan pada Jum’at (21/02/2020) siang, tepat pada waktu masuknya Sholat Jum’at berjamaah.

Tampak sejumlah anggota Pemuda Muslim Natuna saat membersihkan karpet Masjid.
Tampak sejumlah anggota Pemuda Muslim Natuna saat membersihkan karpet Masjid.

“Sebelum memasuki waktu Sholat Jum’at, kita terlebih dahulu melaksanakan gotong royong untuk membersihkan Masjid,” terang Ketua Pemuda Muslim Natuna, Sugianto Utomo.

Kata pria yang akrab disapa Yanto itu, Jum’at Keliling merupakan salah satu program dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Islam di Natuna yang dipimpinnya saat ini. Tujuannya selain untuk menjalin tali silahturahmi dengan antar umat muslim, juga sebagai upaya untuk menggerakkan lagi remaja Masjid di Desa-desa.

Anggota Pemuda Muslim Natuna saat membersihkan karpet dan lantai Masjid, sebelum digunakan untuk ibadah Sholat Jum'at berjamaah.
Anggota Pemuda Muslim Natuna saat membersihkan karpet dan lantai Masjid, sebelum digunakan untuk ibadah Sholat Jum’at berjamaah.

“Untuk tahap pertama kita lakukan sebulan sekali. Jika memungkinkan, akan dilaksanakan sebulan dua kali. Kita lihat dulu lah, bagaimana responnya masyarakat nanti,” kata Yanto.

Sesuai nama programnya, imbuh Yanto, bahwa kegiatan Jum’at Keliling akan dilaksanakan oleh Pemuda Muslim di beberapa Masjid di Natuna, secara bergantian.

“Selain bersih-bersih Masjid sebelum Sholat Jum’at, kita juga meminta kepada para pengurus Masjid, agar kader kita dapat mengisi kutbah di Masjid yang kita kunjungi. Karena kita juga bekerjasama dengan LDK (Lembaga Dakwah Kampus, red) STAI Natuna,” pungkasnya.

Muhammad Arif, salah seorang anggota Pemuda Muslim Natuna saat menjadi Khatib Sholat Jum'at.
Muhammad Arif, salah seorang anggota Pemuda Muslim Natuna saat menjadi Khatib Sholat Jum’at.

Selain dari masyarakat, kegiatan Jum’at Keliling ini pun mendapatkan respon positif dari Kepolisian Resort (Polres) Natuna. Bahkan pada pelaksanaannya yang perdana ini, juga turut dihadiri oleh Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Natuna, Iptu Sudiono.

“Bagus sekali kegiatan seperti ini. Nanti kalau memang mau melakukan Jum’at Keliling lagi, biar kami sumbang kain lap dan sabun untuk mengepel lantai Masjid, sebelum dipakai untuk Sholat berjamaah,” ucap Sudiono.

Foto bersama Kasat Binmas Polres Natuna dan Pengurus Masjid Al-Babussalam Desa Selemam.
Foto bersama Kasat Binmas Polres Natuna dan Pengurus Masjid Al-Babussalam Desa Selemam.

Bahkan pihaknya juga mengundang para pengurus dan anggota Pemuda Muslim Natuna, untuk melaksanakan Magrib Keliling di Mushola yang ada di Mapolres Natuna. Tujuannya untuk menjalin tali silahturahmi dan meningkatkan sinergitas antara pihak Kepolisian dengan para OKP.

Iptu Sudiono berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, demi menegakkan siar Islam ditengah kemodernisasian zaman.

Laporan : Erwin Prasetio