Manfaat TMMD ke 102 di Natuna Dirasakan Langsung oleh Masyarakat

img-20180724-wa0037

Natuna, LintasKepri.com – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102, yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna, berhasil memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di Kecamamatan Pulau Tiga, khususnya di Desa Sabang Mawang Barat dan Desa Tanjung Batang.

Pada Selasa (24/07/2018) siang, Kodim 0318/Natuna kedatangan tamu agung dari Mabes TNI, yang sengaja datang untuk meninjau progres pelaksanaan TMMD ke 102 di Kabupaten Natuna.

Adalah Pati Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Agus Heru Prasetyo, didampingi oleh Pabanda Sterad, Mayjen TNI Eko Imam, Kodam I/BB Kolonel Arm Anggoro, Paban IV/Komsos Sterad, Kolonel (Inf) Yudi Hartono, Kasiter 033/WP Kolonel (Inf) Luhut Marpaung serta beberapa Tim Wasev Bhakti Sosial Kerma TNI AD dan Kemenkes RI.

img-20180724-wa0044

Kedatangan Pati Staf Khusus Kasad beserta rombongan ke Kecamatan Pulau Tiga, didampingi langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna, Letkol (Inf) Yusuf Rizal, Kasdim 0318 Mayor (Inf) Agung Wriatno, Pasi Inteldim 0318 Kapten (Inf) Narta dan sejumlah jajaran Kodim 0318/Natuna.

Sesampainya di Desa Tanjung Batang, Jenderal bintang satu tersebut langsung melakukan peninjauan ke lokasi sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan masyarakat. Sekaligus memberikan pencerahan akan pentingnya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat setempat.

Tak hanya itu, Agus Heru Prasetyo juga mengingatkan, agar masyarakat yang berada diwilayah perbatasan, untuk selalu menjaga keutuhan NKRI, meski berada jauh dari pusat pemerintahan.

img-20180724-wa0042

“Saya berharap masyarakat tetap menjaga rasa cintanya terhadap bangsa dan Negara Indonesia, meski mereka berada di ujung utara NKRI,” ujar Agus Heru Prasetyo, kepada sejumlah awak media.

Agus Heru Prasetyo mengaku sangat puas atas pencapaian para Satgas TMMD, yang terus bekerja secara maksimal, sehingga telah mencapai 63 persen dari total pengerjaannya.

Ia pun sangat mengapresiasi atas keikut sertaan masyarakat, dalam membantu mensukseskan TMMD ke 102 oleh TNI AD.

img-20180724-wa0039_1

“Saya salut dan bangga dengan masyarakat sini (Pulau Tiga, red), karena antusiasnya sangat tinggi sekali dalam membantu anggota kami melaksanakan TMMD. Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat atas segala partisipasinya,” ungkap Agus Heru Prasetyo.

Usai melakukan peninjauan ke sejumlah titik pengerjaan fisik TMMD, Agus pun menyempatkan diri untuk bertemu dan berbincang langsung kepada sejumlah masyarakat setempat, seraya menyerahkan bantuan alat olahraga bagi para pemuda, seperti bola kaki dan bola volly, serta mesin pemotong rumput.

img-20180724-wa0041

Terakhir, rombongan langsung bergegas menuju Kantor Camat Pulau Tiga, yang merupakan Posko Satgas TMMD, untuk melakukan peninjauan, temu ramah dengan Camat dan Kepala Desa serta makan siang bersama. Sebelum akhirnya meninggalkan Pulau Tiga, sekitar pukul 13:00 Wib.

Sementara itu salah seorang warga Desa Tanjung Batang, Hermansyah (25), mengaku sangat bersyukur, karena Desanya menjadi salah satu sasaran TMMD tahun ini. Kendati jalan semenisasi beton betulang dengan lebar 5 meter dan panjang 437 meter yang dibangun oleh pihak TNI AD tersebut belum sampai ke Desa Sabang Mawang Barat, namun masyarakat sudah merasa sangat terbantu.

img-20180724-wa0038_1

“Ini sudah sangat membantu kami. Setidaknya sebagian besar jalan penghubung antara Tanjung Batang dengan Sabang Mawang Barat, sudah bisa dilalui dengan mudah. Tidak lagi takut becek dan terjal. Angsur-angsur lah, nanti giliran Pemerintah lagi yang melanjutkan,” ungkap Herman, yang merupakan salah seorang Perawat di Puskesmas Pulau Tiga.

Selain mendapat bantuan fisik berupa penambahan jalan semenisasi, warga juga bersyukur mendapat bimbingan ilmu pengetahuan tentang kesehatan, yang merupakan kerjasama antara TNI AD dan Kemenkes RI.

Pihak Kemenkes pun juga tidak mau ketinggalan, dengan turut memberikan bantuan berupa obat-obatan, alat kesehatan serta vitamin bagi bayi dan anak-anak didaerah tersebut.

Laporan : Erwin Prasetio