Pemko Tpi

Lis Resmikan Puskesmas Berstandar ISO

Lis saat gunting pita sebagai tanda diresmikannya Puskesmas Batu 10.
Lis saat gunting pita sebagai tanda diresmikannya Puskesmas Batu 10.

Tanjungpinang, LintasKepri.com Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah meresmikan pemakaian gedung baru Puskesmas batu 10 berstandar ISO.

Puskesmas baru ini dibangun sebagai bentuk komitmen kepemimpinan Lis-Syahrul dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Peresmian operasional Puskesmas batu 10 tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah serta pemotongan pita didampingi Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam, dan anggota DPRD Kota Tanjungpinang di halaman Puskesmas batu 10, Kamis (28/1).

Lis mengatakan, dirinya dan Syahrul terus berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

 

“Ini adalah misi saya bersama pak Syahrul untuk meningkatkan pelayanan dasar yaitu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan kami ingin masyarakat mendapatkan pelayanan yang nyaman, apik dan bagus, sehingga kami bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat,” kata Lis.

Lis Berfoto Bersama Usai Meresmikan Puskesmas Batu 10.
Lis Berfoto Bersama Usai Meresmikan Puskesmas Batu 10.

Dikatakannya, puskesmas ini telah berstandar ISO, dengan begitu layanan kesehatan yang diberikan Puskesmas akan semakin baik.

“Kami terus berupaya dan berusaha untuk memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan kita akan memangkas peraturan birokrasi yang begitu panjang. Jadi, pelayanan yang diberikan bisa berjalan dengan cepat dan mudah,” ungkapnya.

Dirinya meminta kepada seluruh penyelenggara kesehatan agar memberikan pelayanan Puskesmas yang terbaik. Bukan hanya fisik bangunan saja yang bagus, akan tetapi kualitas pelayanan harus baik juga dengan memberi kepuasan kepada masyarakat sehingga ada keseimbangan.

“Kepada masyarakat, kritik dan saran sangat diharapkan agar dapat melakukan perbaikan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, dan mudah-mudahan fasilitas Puskesmas ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Tanj

ungpinang,” tutup Lis.

Lis saat Tandatangan Prasasti Puskesmas Batu 10
Lis saat Tandatangan Prasasti Puskesmas Batu 10.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam mengatakan puskesmas batu 10 dibangun atas dasar visi misi Pemerintah terhadap peningkatan akses kesehatan yang berkualitas.

“Alhamdulillah, hari ini Puskesmas batu 10 sudah bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi warga,” katanya.

Selain itu, kata Rustam, puskesmas batu 10 terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama melayani medis mulai dari poli lansia, poli balita, poli KB, penyakit menular dan emergency. Sedangkan dilantai dua melayani poli gigi, poli tumbuh kembang anak, dan ada klinik merokok bagi warga yang ingin berhenti merokok, dan pihak Puskesmas bisa melayani. Untuk lantai tiga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, perkantoran, dan tempat ibadah.

Lis saat Menyampaikan Pidato Sambutan di Peresmian Puskesmas Batu 10.
Lis saat Menyampaikan Pidato Sambutan di Peresmian Puskesmas Batu 10.

“Dengan adanya sarana dan prasarana yang dimiliki Puskesmas ini, dapat memenuhi impian-impian masyarakat agar memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik, dan pihak puskesmas akan berupaya melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan secara bertahap seperti pendaftaran dapat dilakukan secara online, dan ruang tunggu yang nyaman dengan fasilitas TV dan Video,” imbuhnya.

Ucapan terimakasih tak lupa Rustam sampaikan kepada Walikota, Wakil Walikota, Sekda, dan Anggota DPRD Komisi I atas dukungan sehingga gedung baru Puskesmas batu 10 ini dapat di wujudkan.

Acara peresmian dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono beserta istri Ersa Famella, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Unsur FKPD, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat serta Lurah di Lingkup Pemko Tanjungpinang. Hadir juga, para RT/RW, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya. (Rani)