Lewat DAK 2021, Pemkab Natuna Bantu Nelayan di Serasan Timur dan Midai

Nelayan di Kabupaten Natuna saat menjalankan aktifitasnya.

Natuna, LintasKepri.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kembali akan memberikan bantuan kepada para nelayan tradisional yang ada di Kecamatan Serasan Timur dan Kecamatan Midai.

 

Demikian di sampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Natuna, Zakimin, saat ditemui pada Jum’at (16/04/2021) kemarin. Kata dia, ada sejumlah bantuan alat tangkap bagi para nelayan, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021.

 

“Iya, kita bantu mereka (nelayan, red) berupa alat bantu menangkap ikan melalui dana DAK,” ujar Zakimin.

Kepala Dinas Perikanan Natuna, Zakimin.

Hal ini di lakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian para nelayan tradisional di kawasan pesisir.

 

Zakimin menyebutkan, sebelumnya di tahun anggaran 2020 pihaknya juga telah memberikan bantuan serupa, kepada sejumlah nelayan tradisional di 5 (lima) Kecamatan di Kabupaten Natuna. Diantaranya Kecamatan Pulau Tiga, Bunguran Timur, Bunguran Selatan, Bunguran Barat dan Serasan.

 

“Tahun ini hanya dua Kecamatan yang kita bantu, sebab DAK kita di tahun ini ada penurunan dari tahun lalu,” katanya.

 

Ia berharap, para nelayan yang telah menerima bantuan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan yang telah di berikan oleh Pemerintah.

Salah satu sudut pulau Midai.

“Kami menghimbau, agar setiap bantuan dapat di pergunakan dengan baik, tidak di perjual belikan,” tegas Zakimin.

 

Ditempat terpisah, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma, menuturkan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna akan terus mendorong peningkatan kesejahteraan dan ekonomi para nelayan tradisional.

 

“Karena kita tahu, bahwa potensi perikanan kita cukup besar. Dan beberapa hambatan yang sering di alami selama ini adalah minimnya sarana pendukung bagi para nelayan,” kata Hendra Kusuma, belum lama ini.

Dari kiri, Pj. Sekda Natuna, Hendra Kusuma, bersama awak media lintaskepri.com.

Mantan Plt. Sekretaris Dewan (Sekwan) Natuna itu berharap segala bentuk bantuan yang di berikan Pemerintah terhadap nelayan, dapat membantu meringankan beban para nelayan dan meningkatkan kesejahteraan mereka bersama keluarga. (Erwin)