Pemko Tpi

KPUD: Pilkada 2020 Tidak Ada Pleno Tingkat Kelurahan

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf, menuturkan, pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 tidak ada pelaksanaan rapat pleno di tingkat kelurahan usai pemungutan suara dilakukan.

“Setelah selesai pemungutan dan penghitungan suara di TPS, tidak ada lagi pelaksanaan rapat pleno tingkat kelurahan untuk pilkada tahun ini,” tegasnya, Senin (30/11).

Sebelumnya, kata dia, pada pilwako Tanjungpinang lalu masih ada pleno di tingkat kelurahan.

“Tahun ini tidak ada lagi,” katanya.

Yusuf menyebut pilkada tahun ini sama seperti pemilihan legislatif (pileg) 2019. Hanya saja setelah pemungutan suara selesai di TPS, langsung ke kecamatan untuk dilakukan pleno. Setelah itu pleno di KPU.

Pleno di kelurahan ditiadakan untuk mengurangi terlalu banyaknya tahap atau jenjang yang harus dilalui hingga sampai ke pleno KPU.

“Tahap dibuat lebih cepat atau pendek guna meminimalisir masalah yang akan terjadi pada saat pemilu. Semua ini telah diatur dalam PKPU,” ujar Yusuf.

KPU RI melihat selama pemilu belakangan terlalu banyak masalah yang terjadi. Karena, banyak tahapan atau jenjang yang harus dilewati. Sebab itulah langkah dan keputusan ini diambil.

Yusuf belum bisa memastikan apakah prosedur seperti ini terus dilakukan.

“Ya kita tidak tahu apakah akan seperti ini terus prosesnya. Karena aturan itu berubah terus,” ungkapnya.

(cho)