Korem 033/WP Peringati Hari Pahlawan

img-20181110-wa0050Tanjungpinang, LintasKepri.com – Korem 033/Wira Pratama (033/WP) melaksanakan upacara bendera sebagai bentuk memperingati hari pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November di lapangan Makorem.

Kasrem 033/WP Kolonel Inf Jimmy Watuseke selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengajak untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rakhmat dan karunia-Nya, bangsa Indonesia pada hari ini memperingati hari pahlawan tahun 2018.

Upacara yang diikuti Para Kasi serta seluruh anggota Makorem, Kodim 0315/Bintan, KI E Yonif RK 136/TS serta PNS tersebut, mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” kata Kasrem 033/WP.

Kolonel Inf Jimmy Watuseke menjelaskan, para syuhada bangsa ini telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Kata dia peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” paparnya.

img-20181110-wa0053Tema hari pahlawan tahun 2018 sendiri adalah Semangat Pahlawan Di Dadaku mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Jimmy menilai siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara lndonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

“Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru,” ungkapnya.

Jimmy menambahkan, Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri. Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

img-20181110-wa0052“Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karater lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Jimmy, negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu ber-kolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan.

(*)

Baca juga :

Top