Koramil 03/Sedanau Apresiasi Baksos Pengobatan Gratis oleh Fakultas Kedokteran UI

LPP Gurindam web
Tampak Babinsa Sedanau, Kopda Zulkarnaini, saat foto bersama rombongan Fakultas Kedokteran UI.
Tampak Babinsa Sedanau, Kopda Zulkarnaini, saat foto bersama rombongan Fakultas Kedokteran UI.

Natuna, LintasKepri.com – Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menggelar bakti sosial (Baksos) berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat di Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepri, pada Jumat (26/07/2019) siang.

Kegiatan yang diselenggarakan di Puskesmas Sedanau itu, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Natuna, Rizal Rinaldy, dan mendapat dukungan penuh dari Bupati Natuna Hamid Rizal serta Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat.

Dalam kegiatan yang berhasil menyedot ratusan masyarakat di Kecamatan Bunguran Barat tersebut, juga dihadiri oleh Camat Bunguran Barat, Bukhary, beserta Sekcamnya Hidayat, dan didampingi oleh Batuud Koramil 03/Sedanau, Pelda Susilo beserta Babinsa Sedanau, Kopda Zulkarnaini, Lurah Sedanau Mukhrizal dan Seklurnya Subekhan dan Kepala UPT Puskesmas Bunguran Barat, Said Satar.

Sejumlah tenaga medis dari Fakultas Kedokteran UI, saat memeriksa warga yang sedang berobat.
Sejumlah tenaga medis dari Fakultas Kedokteran UI, saat memeriksa warga yang sedang berobat.

“Rombongan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia berjumlah 62 orang, yang dipimpin langsung oleh Profesor Ganesha,” terang Pelda Susilo.

Kata Anggota TNI AD dibawah Komando Kodim 0318/Natuna itu, kegiatan baksos pemeriksaan dan pengobatan gratis, yang digelar oleh Fakultas Kedokteran dari salah satu perguruan ternama di Indonesia tersebut, akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan. Yaitu dari tanggal 26-28 Juli 2019.

“Dimulai hari Jum’at, sampai hari Minggu depan,” kata Pelda Susilo.

Pelda Susilo mengaku bahwa Jajaran Koramil 03/Sedanau, sangat mendukung dan mengapresiasi, atas kegiatan Baksos pemeriksaan dan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran UI, di Kecamatan Bunguran Barat.

Anggota TNI AD dari jajaran Koramil 03/Sedanau, Kopda Zulkarnaini, saat memantau pelaksanaan Baksos pengobatan gratis diwilayah binaannya.
Anggota TNI AD dari jajaran Koramil 03/Sedanau, Kopda Zulkarnaini, saat memantau pelaksanaan Baksos pengobatan gratis diwilayah binaannya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang tinggal didaerah perbatasan, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

“Kami dari jajaran Koramil 03/Sedanau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak penyelenggara, yang telah bersedia menggelar Baksos pengobatan gratis bagi masyarakat yang ada diwilayah binaan kami. Ini sangat-sangat membantu masyarakat yang berada diujung utara NKRI,” tegas Pelda Susilo, mewakili Danramil 03/Sedanau, Kapten (Arm) Bambang Hendratno.

Acara penyambutan kedatangan rombongan Fakultas Kesokteran UI, dipelabuhan Sedanau.
Acara penyambutan kedatangan rombongan Fakultas Kedokteran UI, dipelabuhan Sedanau.

Masih kata dia, bahwa pada hari pertama pelaksanaan Baksos tersebut, sedikitnya sekitar 200 warga dari Desa Selaut Kecamatan Bunguran Barat, telah hadir untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis, terutama bagi penderita hipertensi dan jantung.

Rombongan Fakultas Kedokteran UI tersebut, tiba di Pelabuhan Sedanau pada Kamis (25/07/2019) kemarin, sekitar pukul 17:50 Wib, dengan menggunakan kapal Ferry MV Indra Perkasa 159, milik Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio