Kodim 0318/Natuna dan Dinas Pertanian Kembali Cetak Sawah di Kelarik

Tampak Dandim 0318/Natuna beserta jajarannya dan Kades serta masyarakat Kelarik Utara, tengah melaksanakan tanam padi perdana. Ahad (31/12/2017) siang.
Tampak Dandim 0318/Natuna beserta jajarannya dan Kades serta masyarakat Kelarik Utara, tengah melaksanakan tanam padi perdana. Ahad (31/12/2017) siang.

Natuna, LintasKepri.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, kembali melaksanakan Cetak Sawah. Penanaman padi secara perdana ini, di laksanakan di Desa Kelarik Utara, Kecamatan Bunguran Utara. Minggu (31/12/2017) siang.

Kegiatan tanam perdana ini dihadiri oleh Dandim 0318/Natuna beserta jajarannya, Kades Kelarik Utara, Kades Belakang Gunung, Tomas, serta Kelompok Tani dari Desa Kelarik Utara dan Desa Belakang Gunung.

Dalam sambutannya Dandim 0318/Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal, S.Sos, menyampaikan, pemanfaatan lahan sawah yang baru dicetak merupakan kegiatan yang sangat perlu diperhatikan, mengingat pada lahan tersebut mudah menyemak kembali.

“Karena itu petani perlu dibina secara intensif dan difasilitasi dengan bantuan sarana produksi pertanian, agar petani dapat segera mengusahakan lahan sawah tersebut secara berkelanjutan,” ujar Yusuf Rizal.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kodim 0318/Natuna ini mengungkapkan, dalam rangka mendukung program swasembada pangan Nasional, untuk tahun 2017 cetak sawah baru di Kabupaten Natuna seluas 80 hektar, terdiri dari dua lokasi 68 hektar di Desa Kelarik Utara dan 12 hektar di Desa Sedarat Baru. Adapun tujuan dari cetak sawah ini adalah menambah luas baku lahan sawah dan menghasilkan produksi, utamanya padi pada areal sawah baru.

“Benih padi yang kita tanam sekarang adalah varietas padi situ bagendit dengan sistem tanam untuk sementara ini sistem tugal, karena saluran irigasi sedang dibuat dan kedepannya akan mengaliri 68 hektar sawah di Desa Kelarik Utara ini yang memiliki 71 orang kelompok tani,” terang Perwira melati dua tersebut.

Sementara Zapridin, Kades Kelarik Utara dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemda Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna. “Saya mewakili masyarakat Desa Kelarik Utara dan Desa Belakang Gunung berterimakasih kepada Dinas Pertanian Natuna dan Kodim 0318/Natuna yang telah bersusah payah mewujudkan sawah di Kelarik Utara,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kelarik Utara itu juga berharap, adanya pembinaan secara intensif kepada para petani padi, karena rata-rata petani yang ada berlatar belakang sebagai nelayan.

“Kami minta Bapak Dandim tolong sampaikan ke Dinas Pertanian, untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para petani. Karena latar belakang mereka adalah nelayan, kami tidak mau lahan yang sudah dibuka susah payah ini kembali menjadi semak dan hutan. Maaf pak Dandim, seharusnya ini kami sampaikan kepada Dinas Pertanian, namun karena tidak hadir kepada Bapak kami berbagi,” ujar Zapridin.

Terpisah, Bujang Arpan, Ketua Kelompok Tani Desa Kelarik Utara, saat ditanya wartawan mengungkapkan “Mulai dari pembukaan awal saya mengikuti kegiatan ini, luar biasa semangat dari pihak Kodim 0318/Natuna terutama Danramil 03/Sedanau dan Babinsanya untuk membuat sawah di Desa kami, hujan dan panas, siang dan malam mereka bekerja tanpa kenal lelah, Alhamdulillah hari ini kita tanam padi perdana,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama, Kapten Arm Bambang, Danramil 03/Sedanau mengungkapkan, “Untuk membuka sawah ini kami terkadang bekerja malam memanfaatkan cuaca yang bagus, karena kendala yang kita hadapi selain terbatasnya alat berat yang ada, juga faktor cuaca yang tidak menentu dan padatnya vegetasi yang ada dilokasi, terkadang hujan cukup deras hampir setiap hari,” ujar Danramil.

Dengan adanya cetak sawah ini, diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Kelarik Utara pada khususnya dan masyarakat Natuna pada umumnya.

Editor : Erwin Prasetio