'

Kepri Terima Penghargaan TLHP dengan Predikat ‘Baik’

*Rapat Wakil Gubernur se-Indonesia

Pemerintah Provinsi Kepri menerima penghargaan sebagai Provinsi yang telah menyelesaikan Tindak Lanjut  Hasil Pengawasan (TLHP) penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan predikat ‘BAIK’ dari Menteri Dalam Negeri.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di sela Rapat seluruh Wakil Gubernur se Indonesia dengan agenda menindaklanjuti Peraturan Pemerintah  pasal 27 ayat (1) PP nomor 12 tahun 2007 yakni tentang pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah yang mewajibkan kepada daerah menyelesaikan tidak lanjut hasil pengawasannya (TLHP) l, serta pasal 28 ayat (3) yang mengamanatkan mendagri untuk menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan pemutakhiran data TLHP Pemda secara nasional.

Adapu  penghargaan TLHP untuk Pemprov Kepri ini diterima langsung Wakil Gubernur Kepri H. Isdianto, di Hotel Grage, Bengkulu, Selasa (9/10).

Rapat ini juga dihadiri oleh seluruh wakil Gubernur se Indonesia,  Inspektorat Jenderal Kementerian/Lembaga dan inspektour dari seluruh Provinsi serta Kabupaten/Kota se Indonesia.

Dalam rapat ini ada beberapa hal penting yang dibahas, diantaranya dalam upaya pencegahan korupsi.Progres hasil kajian KPK dalam upaya Penguatan Inspektorat  Daerah. Kemudian ada arahan Preaiden RI dalam penguatan inspektorat daerah yang disampaikan oleh Kepala Staff Kepresidenan.

Selanjutnya juga pembahasan soal  evaluasi tindak lanjut kajian KPK dalam Penguatan APIP Daerah. Arah kebijakan pemerintah dalam penguatan APIP daerah. Kemudian tentang strategi Peningkatan skor CPI (TII). Hingga partisipasi masyarakat dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa.

Adapun bahasan yang terakhir adalah menyangkut partisipasi masyarakat dalam transparansi keuangan Pemda.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada kesempatan ini  menginginkan adanya hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif, efisien,  taat kepada hukum,  mempercepat pembangunan Infrastruktur ekonomi dan sosial.

“Ukuran kemajuan suatu daerah bukan hanya opini WTP dari BPK RI,  tapi angka pertumbuhan daerah lebih tinggi secara Nasional,  mampu mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran,  serta menarik Investor untuk berinvestasi di daerahnya masing-masing”, kata Tjahjo.

Usai rapat wakil Gubernur Kepri H. Isdianto berharap penghargaan yang baru saja diterima oleh Pemerintah Provinsi Kepri ini bisa menjadi penambah penyemangat jajaran pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Terutama bekerja lebih akuntabel, efektif dan efesien sebagaimana yang disampaikan Menteri Dalam Negeri dalam pidatonya.

“Dengan penghargaan ini menandakan selama ini kita sudah bekerja dengan baik. Tentu kita semua menginginkan agar apa yang sudah baik tetap dipertahankan, dan bahkan ditingkatkan lagi,” ujar Isdianto singkat.

Sumber: Humas Kepri

Baca juga :

Top