Karang Taruna Nilai Puskeswan Desa Sunggai Besar Kurang Produktif

DPRD Lingga
Lingga Kab
Puskeswan Desa Sunggai Besar

Lingga, LintasKepri.com – Nuzul fitriadi Ketua karang taruna Generasi Mahardika Desa Sungai Besar Kecamatan Lingga Utara menilai bangunan pusat kesehatan hewan (Puskeswan) yang dibangun Pemkab Lingga tepatnya di Desa Sunggai Besar kurang produktif.

Pasalnya kata Nuzul sejak tahun 2019 bangun Puskeswan ini siap dibangun tidak ada aktifitas kegiatan sama sekali. Padahal katanya, tujuan utama dari pembangunan pusat kesahatan hewan telah tercantum di dalam peraturan Menteri Pertanian Nomor: 64/Permentan/OT.140/9/2007 Tentang Pedoman Pelayanan Pusat Kesehatan Hewan yang dimana sudah jelas kegunaannya.

“Tapi saat ini dilihat puskeswan di Desa Sungai Besar maka tidak kurang dari rumah kosong tanpa penghuni karna tidak beroprasi sejak selesai pembangunan perkarangan dan di depan bangunan pun sudah ditumbuhi lalang setinggi dada,” tutur Nuzul melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (2/5)

Seharusnya kata Nuzul selama 1 tahun sejak bangunan ini selesai dibangun sudah beroperasi tidak hanya sebagai bangunan tua yang tampa penghuni.

“Sangat disayangkan bangunan yang menelan anggaran anggaran APBDP senilai 7.799.326.63 ini sampai saat ini belum dipungsikan sama sekali,” paparnya.

Kami berharap Pemerintah Daerah jangan mumbazir anggaran karena sudah dibangun tetapi tidak digunakan padahal jika puskeswan ini dimanpaatkan semaksimal mungkin pasti akan berdampak di sector ekonomi.

Nuzul khawatir, lebih lagi jika terus terusan puskeswan itu dibiarkan terbengkalai kami takut tempat itu menjadi tempat perbuatan anak muda untuk berkencan karena lokasinya jauh dari masyarakat.

“Sangat besar harapan supaya Pemerintah Daerah kabupaten Lingga bisa secepat mungkin untuk mengoprasikan puskeswan yang sudah dibangun ini,” pinta Nuzul.

(rls)