Jurnalis Solidarity Sukses Gelar UKW Natuna Angkatan ke-II

Tampak para peserta UKW jenjang Utama, saat mengikuti sesi dalam Ujian.
Tampak para peserta UKW jenjang Utama, saat mengikuti sesi dalam Ujian.

Natuna, LintasKepri.com – 20 orang wartawan yang bertugas di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), telah selesai mengikuti serangkaian Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke – II. Ahad (23/12/2018) petang.

UKW ini digelar oleh Jurnalis Solidarity, bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 22-23 Desember 2018, di Aula Rapat Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai.

Dari kiri, Kabiro LintasKepri.com Natuna, Erwin Prasetio dan Pimred MarwahKepri.com, Hasonangan Lubis, sebagai peserta UKW Jenjang Utama.
Dari kiri, Kabiro LintasKepri.com Natuna, Erwin Prasetio dan Pimred MarwahKepri.com, Hasonangan Lubis, sebagai peserta UKW Jenjang Utama.

Dalam hal ini, UPN Veteran Yogyakarta menerjunkan 3 orang Penguji UKW yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Yaitu Agung Prabowo sebagai Penguji UKW jenjang Utama, Uyun Achadiat sebagai Penguji jenjang Madya dan Arif Wibawa Penguji jenjang Muda. Serta seorang Staff profesional, Panji Dwi Ashrianto.

Koordinator Tim Penguji, Uyun Achadiat mengatakan, bahwa UKW dibuat untuk meningkatakan kualitas dan profesionallitas wartawan, serta sebagai acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.

Dengan dilakukannya UKW, Uyun berharap para awak media dapat menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual.

Panitia UKW Natuna Angkatan ke-II Natuna foto bersama Ketua DPRD Natuna dan Tim Penguji UPN Veteran Yogyakarta.
Panitia UKW Natuna Angkatan ke-II foto bersama Ketua DPRD Natuna dan Tim Penguji UPN Veteran Yogyakarta.

“Serta untuk menghindari penyalahgunaan profesi wartawan,” ujar Uyun, pada penutupan UKW angkatan ke-II Natuna.

Uyun menambahkan, UKW juga dapat untuk menempatkan wartawan, pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Sementara itu Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, yang menutup kegiatan tersebut mengatakan, bahwa UKW dapat menjadi ajang untuk mengasah kemampuan wartawan, dalam melakukan peliputan.

“Semoga dengan diadakannya UKW, para wartawan bisa bekerja secara profesional dan kompeten,” ujarnya.

Para peserta UKW jenjang Utama foto bersama Tim Penguji dan Ketua DPRD Natuna.
Para peserta UKW jenjang Utama foto bersama Tim Penguji dan Ketua DPRD Natuna.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, bahwa wartawan merupakan salah satu penyambung lidah bagi Masyarakat dan Pemerintah. Selain mengkritik, kata dia, wartawan juga membantu Pemerintah untuk mendukung geliat pembangunan di suatu daerah.

“Wartawan ini adalah mitra kerja kami,” tutup Yusripandi, dalam sambutannya.

Peserta UKW Angkatan ke-II di Daerah Ujung Utara NKRI ini, didominasi oleh Anggota Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia, DPC Kabupaten Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio