Banner dprd kota

Jarmin Jadi Narasumber Sosialisasi Pembatalan Keberangkatan JCH Natuna 2021

LPP Gurindam web
Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik, saat menjadi narasumber kegiatan sosialisasi pembatalan keberangkatan JCH 2021.

Natuna, LintasKepri.com – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Natuna, Jarmin Sidik, turut menghadiri acara sosialisasi tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) pada tahun 1442 hijriyah (2021). Acara ini diselenggarakan oleh kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna di Hotel Tren Central, Jalan Pramuka, Ranai, pada Rabu (06/10/2021) siang.

Dalam kesempatan itu, Jarmin diberi kesempatan untuk menjadi salah seorang narasumber.

Jarmin menyampaikan alasan Pemerintah membatalkan keberangkatan Jemaah Haji pada penyelenggaraan tahun 1442 Hijriah, bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota Haji Indonesia dan kuota Haji lainnya.

Pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021 menyampaikan sejumlah pertimbangan.

Jarmin tampak sedang berbincang dengan para Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Natuna.

“Faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan Jemaah Haji yang terancam akibat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi, ini menjadi alasan yang pertama” terang Jarmin.

Jarmin juga menyebutkan alasan lain pemerintah membatalkan keberangkatan Haji ditahun ini, lantaran Kerajaan Arab Saudi hingga kini belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

Selain itu, kata dia, Arab Saudi juga belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah Haji tahun ini, padahal Pemerintah Indonesia memerlukan waktu untuk melakukan persiapan pelayanan Jemaah Haji.

Dalam kegiatan itu ada beberapa permintaan dari para Jamaah Haji kepada Jarmin selaku wakil rakyat yang duduk di kursi legislatif tersebut.

Sambutan panitia kegiatan.

Diantaranya para Jamaah meminta agar kedepannya Pemerintah dapat mencari solusi atas biaya manasik haji dan kesehatan, jika pelatihan manasik haji kembali dilakukan. Sebab para jamaah merasa keberatan, jika harus keluar biaya lagi untuk keperluan kegiatan diatas.

Menadengar permintaan yang disampaikan oleh salah seorang Jamaah tersebut, Jarmin berjanji akan menyampaikannya kepada pimpinan tertinggi di DPRD, untuk membahas hal yang dimaksud bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin, untuk membantu para calon jamaah haji,” janji Jarmin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Natuna, H. Budi Dermawan, Panitia Penyelenggara Haji dan Umroh Natuna, H.Nasoha, perwakilan Camat di setiap Kecamatan, para calon Jamaah Haji, serta para tokoh Ulama.