'

Jadikan Profesi Sebagai  Ladang Amal 

Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan kecepatan dan ketepatan dalam bertindak menjadi nilai lebih bagi seorang bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Di Indonesia aspek pelayanan kesehatan selalu menjadi perhatian khusus kalangan masyarakat.

“Saye tengok bidan sekarang cantik-cantik, tentunya cantik dalam tindakan, pelayanan, pengabdian apalagi cantik secara fisik otomatis masyarakat puas dan bangga atas pelayanan yang diterima,” kata Nurdin saat menghadiri Peringatan HUT IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ke-67 Tahun dan Ke 17 Tahun IBI Cabang Kab. Karimun di Gedung Nasional Karimun, Ahad (28/09).

Nurdin mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada IBI Cabang Karimun yang telah sampai di usia 17 Tahun dan 67 Tahun secara Nasional. Gubernur berharap di usianya yang semakin matang kedepan profesionalisme dalam pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat harus senantiasa dijaga dan di tingkatkan sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat menjadi lebih baik.

“Usia 17 Tahun adalah usia yang menunjukan kedewasaan dan semakin matangnya kita dalam bertindak, tetap semangat, tingkatkan pelayanan dan laksanakan pengabdian masyarakat dengan penuh keikhlasan” ujar Nurdin.

Untuk di Kepri Nurdin mengintruksikan khusus kepada Kepala Dinas Kesehatan bahwa peran serta dan kehadiran bidan-bidan khususnya di kampung dan pulau-pulau untuk lebih diperbanyak lagi. Mengingat pihaknya sering mendapat laporan masih banyaknya tenaga ahli kebidanan yang lulus dari pendidikannya namun belum mendapatkan pekerjaan sesuai profesinya. Hal ini menjadi PR pemerintah untuk menangani permasalahan tersebut.

“Kalau kat kampung-kampung keberadaan bidan itu selalu dinanti khususnya dalam menangani pertolongan pertama urusan kesehatan”, ungkap Nurdin.

Keberadaan dan kehadiran bidan di setiap kampung juga menjadi wujud dan cita-cita pemerintah atas hadirnya negara di tengah masyarakat. Negara hadir di masyarakat melalui berbagai upaya dan tindakan nyata terutama dalam penanganan masalah kesehatan. Dibsinilah peran para bidan selalu dinanti dan mereka senantiasa mengapresiasi atas pengabdian para bidan di kampung-kampung.

“Kalau di kampung siape yang tak kenal mak bidan mak bidan. Semua orang kenal, terkadang urusan rumah tanggapun ade aje orang tu datang ngantar ikan masin,  telor ayam lah, sayurlah,” cerita Nurdin.

Untuk itu menurut Nurdin dalam rangka memperingati HUT IBI ini marilah jadikan kegiatan positif ini selain ajang kreatifitas juga ajang muhasabah intropeksi diri atas segala pengabdian yang telah diberikan secara ikhlas kepada masyarakat.

Atas apresiasinya kepada para bidan Nurdin berharap melalui Pemerintah ke depan para bidan ini mendapatkan intensive yang layak. Pelatihan kepada para kader posyandu juga terus  ditingkatkan agar dapat membantu para bidan di lapangan.

“Jadikan profesi bidan menjadi ladang amal kita untuk mengabdi kepada masyarakat, pengabdian ikhlas profesionalisme semakin ditingkatkan insyaallah masyarakat bangga kepada kita aemua” kata Nurdin.

Dalam laporannya Ketua Ikatan Bidan Kabupaten Karimun Hj. Yelli, A.Md, S.Keb mengatakan bahwa peringatan HUT IBI kali ini mengambil tema “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Katernal Neonatal Melalui Germas dan Pelayanan Berkualitas”.

Yelli juga menyampaikan bahwasannya bidan adalah salah satu tenaga kesehatan yang strategis, yang memberikan fungsi pelayanan kebidanan. Tantangan dimasa depan yang harus dihadapi bersama.

“Dengan kecintaan terhadap profesi kita Marilah dijaga profesi dan merawatnya agar bisa ditumbuh kembangkan menjadi organisasi yang bermartabat baik. Semoga di usianya ke-67 Tahun, Bidan Indonesia semakin profesional dalam pelayanan kesehatan ibu dan bayi,” ujar Yelli.

Terkait dengan HUT IBI tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh ranting IBI yang ada di Kab. Karimun, seperti Lomba Foto Pengabdian Bidan, Duta KB dan Kampanye IVA guna pencegahan dan penanganan Kangker Servik.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim,  Anggota DPRD Provinsi Kepri dr. Yusrizal, Anggota DPRD Kab. Karimun Nyimas Novi Ujiyani, S.I.Kom dan Anwar Abu Bakar, M.Si, Ka. Dinas Kesehatan, Ka. Dinas Perindag, Ka. Dinas Kelautan dan Perikanan, Ka. Biro Humprohub Provinsi Kepri, Ketua Cab. IBI Karimun, Ketua IDI Kab. Karimun.

Sumber: Humas Kepri

Baca juga :

Top