'
'

ITM Umumkan Pemenang Duta Tionghoa, Ini Tugasnya

Duta Tionghoa.

Duta Tionghoa.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Provinsi Kepri mengumumkan nama-nama yang menjadi pemenang Duta Tionghoa.

Adapun yang meraih Juara 1 Duta Tionghoa membidangi Pariwisata dan Cagar Budaya Tionghoa atas nama Edy Kelviano berpasangan dengan Mei Yan.

Juara 2 membidangi Pelestarian Budaya Tionghoa atas nama Vanness berpasangan dengan Stella Nuryanti.

Juara 3 membidangi Juru Bicara (Jubir) ITM atas nama Rivaldi Adriansyah Lim berpasangan dengan Sumiati.

Selama dua tahun ke depan mereka bertugas memperkenalkan budaya Tionghoa.

Sebelumnya mereka telah usai mengikuti kompetisi perekrutan Duta Tionghoa dan terpilih.

Ketua Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Provinsi Kepri, Ediyanto, Minggu (15/12), di Hotel Pelangi, menuturkan, kompetisi Duta Tionghoa tersebut sudah dilakukan sejak 7 Desember 2019 lalu.

Dalam kompetisi tersebut ada sekitar 50 peserta yang diikuti dari 4 kabupaten/kota yang ada di Kepri seperti Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Tanjung Balai Karimun.

“Setelah mengikuti tahapan-tahapan yang telah disediakan panitia, maka pada 14 Desember 2019 lalu sudah diumumkan pemenang untuk Duta Tionghoa tersebut,” katanya.

Ediyanto mengungkapkan, fungsi dari Duta Tionghoa ini untuk memperkenalkan lebih jauh dan melestarikan budaya Tionghoa.

“Misalnya pada 26 Desember 2019 mendatang akan diadakan Bazar Imlek. Disitu kami akan menugaskan Duta Tionghoa untuk menyambut tamu di lapangan sekaligus memperkenalkan budaya Tionghoa,” paparnya.

Ediyanto menilai, Provinsi Kepri merupakan salah satu destinasi wisata. Sehingga duta ini diperlukan dalam hal memperkenalkan dan melestarikan budaya Tionghoa.

“Dan wisatawan asing terutama Tiongkok, Malaysia, Singapura yang berbudaya Tionghoa pun sering masuk di Kepri ini. Saya harap dengan sudah adanya Duta Tionghoa ini bisa menjadi garda terdepan untuk melayani dan memperkenalkan budaya Tionghoa,” paparnya lagi.

Pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kepri maupun Tanjungpinang. Sehingga, apabila mendapat tugas terkait wisata, pihaknya siap menjalankan dan mengarahkan Duta Tionghoa yang ada ini.

“Duta Tionghoa baru kali ini diadakan, periodenya selama 2 tahun ke depan,” tutup Ediyanto.

Sementara itu, Edy Kelviano yang meraih Juara 1 Duta Tionghoa, merasa bersyukur atas terpilihnya menjadi Duta Tionghoa.

“Ke depannya kami akan mengajak warga untuk mengetahui sejarah Tionghoa. Mungkin banyak yang belum mengetahui sejarah Tionghoa ini,” tuturnya.

Edy Kelviano juga akan menceritakan sejarah Tionghoa yang bagus dan unik untuk dilestarikan.

(dar)

Baca juga :

Top