Implementasi KTP Digital di Tanjungpinang Capai 24 Persen

Implementasi KTP Digital di Tanjungpinang Capai 28 Persen
Masyarakat mendatangi loket Disdukcapil Tanjungpinang mengurus peralihan KTP digital, Jumat (5/7/2024). Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Implementasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Tanjungpinang menunjukkan hasil yang siginfikan. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 10.781 wajib Kartu Tanda Penduduk (KTP) telah beralih ke IKD atau KTP digital.

Sekretaris Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Riawati, mengungkapkan hingga kini implementasi aktivasi KTP digital di daerahnya sudah mencapai 24 persen. Capaian tersebut sudah termasuk tinggi mengingat target yang diberikan pemerintah pusat sebesar 30 persen.

“Alhamdulillah saat ini kita sudah hampir mencapai target yang telah diberikan oleh pemerintah, yakni sekitar sudah 24 persen yang mendaftar,” ungkapnya, Jumat (5/7/2024).

Lebih lanjut ia menerangkan, KTP digital banyak memberikan kemudahan dalam mengakses layanan digital.

“Didalam aplikasi IKD ini lengkap, selain data keluarga kita, ada juga berbagai layanan, seperti NPWP, BPJS, Bank serta layanan digital lainnya, dan tentunya mendukung program pemerintah dalam digitalisasi,” jelasnya.

Selain itu, dalam rangka mengejar target, pihaknya rutin melakukan sosialisasi kepada berbagai lembaga pemerintah maupun swasta agar segera melakukan aktivasi.

Kemudian bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivasi syaratnya sangat mudah yakni harus mempunyai smartphone dan KTP elektronik.

“Datang ke disduk nanti petugas arahkan, tidak lama hanya 5 sampai 10 menit saja, yang penting pendaftar harus punya email yang aktif, karena nanti di email itu muncul kode Scan Qr yang harus di berikan kepada petugas sebagai syarat aktivasi,” imbuhnya. (Mfz)

Editor: Ism