HUT Natuna ke-22 di Gedung Daerah, Wan Siswandi : Semangat Baru Menuju Natuna Maju

LPP Gurindam web
Bupati Natuna Wan Siswandi, saat memberikan piagam penghargaan.

Natuna, LintasKepri.com – Tanpa terasa, Kabupaten Natuna sudah menapaki usia 22 tahun sejak ditetapkan undang-undang nomor 53 Tahun 1999. Selama kurun waktu tersebut, tentunya sudah cukup banyak capaian keberhasilan pembangunan yang sudah terealisasi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi, mengawali sambutannya pada Hari Jadi Kabupaten Natuna ke-22 Tahun 2021, di Lapangan Upacara Gedung Daerah Kabupaten Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Selasa (12/10/2021) pagi, dengan Tema “Semangat Baru Menuju Natuna Maju”.

Dengan pencapaian tersebut, kata Wan Siswandi, Kabupaten Natuna juga telah menerima beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta organisasi atau lembaga, diantaranya :

Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai penerima Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020, dan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2020.

Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Forkopimda memberikan secara simbolis BST dan 300 paket sembako kepada penerima.

Penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau sebagai Pemda dengan penyaluran Dana Desa tercepat lingkup Provinsi Kepulauan Riau 2 kali berturut-turut untuk tahun 2020 s/d 2021.

Inovasi “Pesona Gelas Natuna” (Peduli Persoalan Hari Tua Nanti dengan Gerakan Lansia Sehat di Natuna) masuk sebagai Top 15 inovasi pelayanan publik tahun 2021.

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Puskesmas Bunguran Selatan Kabupaten Natuna sebagai peserta kompetisi inovasi pelayanan publik “Kepak Santri” (Kelas Bapak Sayang Anak dan Istri) tahun 2021 dan inovasi “Resi Poskilat” (Skirining dan Edukasi Hipertensi di Posbindu Keliling RT) tahun 2021.

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna sebagai peserta kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2021 inovasi “Si-Tikar Pandan” (Sistem Teknologi, Informasi, Komunikasi Akurat pada Pelayanan Kependudukan).

Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Forkopimda Natuna.

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai peserta kompetisi pelayanan publik tahun 2021 inovasi “Kancah Opini Pagi Hari (Kopi Pagi).

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Altaf Haidar Ridwan dan Sandi Pamungkas (Juara II Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021).

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur sebagai desa terbaik 1 lomba Desa/Kelurahan se-Provinsi Kepri tahun 2021.

Penghargaan dari Kantor Regional XII BKN Pekan Baru atas pencapaian peringkat II implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT yang di raih oleh Pemerintah Kabupaten Natuna dalam rangka BKN Award.

Namun demikian, kata Wan Siswandi, seiring perubahan paradigma dan dinamika yang ada, tentunya kita akan menghadapi tantangan baru dalam pembangunan dan pelayanan yang semakin kompleks.

Salah satunya pelaksanaan pembangunan skala nasional mengalami kendala akibat wabah global Covid-19 yang merebak hampir semua penjuru dunia.

“Hal tersebut juga berdampak pada pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Natuna, dimana fokus penyelenggaraan dan pemerintahan beralih pada upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menjaga stabilitas dan  pemulihan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karenanya, atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna, saya mengimbau seluruh aparatur pemerintah maupun semua unsur pembangunan daerah agar sama-sama berusaha menjadi agen perubahan, menjadi penutan dalam penerapan protokol kesehatan ditengah masyarakat.

Sebagai aparatur pemerintah dan segenap masyarakat unsur pembangunan, kami berharap agar terus dapat memberikan kontribusi sesuai kapasitas kewenangan yang dimiliki.

Tentunya upaya kita bersama untuk memahami, menguasai sekaligus mengendalikan segala kemudahan dan kemajuan yang diciptakan teknologi informasi menjadi sebuah keniscayaan.

Namun demikian, ditengah arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat ini, satu hal yang harus kita jaga adalah jati diri sebagai putra putri Melayu untuk tetap menjaga akidah, moral dan menjunjung tinggi nilai luhur budaya sebagai masyarakat timur.

“Mensyukuri adanya kebersamaan, menghargai segala perbedaan dan tetap fokus pada satu tujuan yakni membawa Kabupaten Natuna sebagai wilayah perbatasan yang lebih maju, sebagai miniatur pembangunan nasional yang maju, sejahtera, dan berwibawa,” tuturnya.

Mengakhiri Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna Ke-22, Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna dan segenap Forkopimda Natuna berkesempatan memberikan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) APBD Kabupaten Natuna Tahap III, dan pemberian secara simbolis 300 paket sembako kepada penerima.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Plt Sekda Natuna Boy Wijanarko, Ketua DPRD Natuna beserta anggota, Segenap Forkopimda Natuna, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Natuna, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan undangan lainnya. (Erwin)