'

Harga Bawang Merah dan Putih Stabil, Cabai Keriting Malah Turun Drastis

img-20180417-wa0036Tanjungpinang, LintasKepri.com – Jelang memasuki bulan puasa, harga kebutuhan pokok rumah tangga seperti bawang merah dan putih masih stabil dan belum mengalami kenaikan harga.

Berbanding terbalik pula dengan cabai keriting besar yang mengalami penurunan harga yang cukup signifikan.

Salah satu pedagang pasar di pasar Kota Tanjungpinang, Aja Yusni mengatakan, penurunan harga cabe kriting tersebut telah terjadi selama seminggu lamanya.

“Kalau untuk bawang putih dan merah, masih Rp16.000 perkilo. Sementara, cabai keriting dari harga Rp56.000 perkilo, turun jauh hingga Rp48.000 perkilogramnya,” ungkapnya.

Yusni yang sehari-hari berjualan di pasar tersebut menambahkan, penurunan harga cabai ini dikarenakan stok panen yang melebihi dari jumlah sebelumnya.

“Panennya banyak dari sebelumnya. Jadi, harganya juga ikut turun dari sebelumnya,” ungkap dia.

Sementara itu, kata Yusni, untuk bulan puasa nantinya, dirinya tidak bisa memperkirakan persediaan (stok) dan harga ketiga bahan pokok tersebut.

“Kalau masalah kenaikan harga atau kelangkaan, kita tidak bisa perkirakan, semua tergantung panen nantinya. Kalau panennya sedikit, bisa-bisa harga jual melonjak dua kali lipat dari harga sekarang,” ungkapnya.

(M. Danu)

Baca juga :

Top