'

FPSS Bersih-Bersih Makam Leluhur Sempena HUT RI Ke-74

FPSS Bersih-Bersih Makam Leluhur Sempena HUT RI Ke-74, Jumat (16/8).

FPSS Bersih-Bersih Makam Leluhur Sempena HUT RI Ke-74, Jumat (16/8).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Sempena HUT RI Ke-74, masyarakat yang tergabung dalam Keluarga Besar Forum Pemuda Sulawesi Selatan (FPSS) Kota Tanjungpinang melakukan bersih-bersih makam leluhur yang berada di Kampung Melayu dan Sungai Carang Kota Tanjungpinang, Jumat (16/8).

Kegiatan bersih-bersih makam leluhur Bugis oleh masyarakat tersebut adalah bentuk apresiasi dan rasa terimakasih yang diberikan kepada leluhur Bugis yang telah berjasa mengangkat Marwah Melayu pada saat Kesultanan Melaka dan Riau-Lingga.

“Apa yang kita berikan dan laksanakan ini hanya sebagian kecil dan tidak seimbang dengan pengorbanan yang dilakukan oleh Opu Daeng Celak bersama sudaranya,” imbuh Ketua FPSS Imran.

Selain itu, Imran juga menjelaskan bahwa peninggalan situs cagar budaya bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi semua pihak punya kewajiban menjaga dan melestarikan situs cagar budaya yang ada di Kota Tanjungpinang dan sekitarnya.

FPSS Bersih-Bersih Makam Leluhur Sempena HUT RI Ke-74.

FPSS Bersih-Bersih Makam Leluhur Sempena HUT RI Ke-74.

Senada dengan yang disampaikan oleh sesepuh Bugis di Kota Tanjungpinang, bahwa lahan yang ada di sekitar makam dengan begitu luas perlu dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat seperti lokasi objek wisata religi dan konsep sebagai hutan adat.

Kedepannya lahan yang berada di sekitar makam tidak terkikis oleh kepadatan penduduk yang semakin hari membutuhkan lahan perumahan.

“Harapan kedepanya pemerintah memperjelas batas-batas situs cagar budaya sehingga lahan yang berada di sekitar makam tidak diklaim sepihak oleh masyarakat dan kelompok tertentu. Sehingga kedepanya diperlukan penataan ulang dengan tidak merubah histori sejarahnya,” papar Imran.

(red)

Baca juga :

    Top