Pemko Tpi

Empat Perampok Gasak 225 Juta Uang Nasabah, Polisi: 70 Juta Hilang

Inilah empat pelaku perampokan terhadap seorang nasabah bank Tanjungpinang.
Inilah empat pelaku perampokan terhadap seorang nasabah bank Tanjungpinang.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Kapolres Tanjungpinang AKBP M. Iqbal menuturkan, pihaknya berhasil menangkap empat orang perampok terhadap seorang nasabah bank Tanjungpinang yang berhasil menggasak uang sebesar Rp225 juta.

Hanya saja pihaknya berhasil mengamankan Rp155 juta dari Rp225 juta, dan Rp70 juta hilang.

“Barang bukti uang hasil rampokan yang berhasil kita amankan dari pelaku ada Rp155 juta dari Rp225 juta yang dirampok oleh keempat pelaku. Sedangkan Rp70 jutanya hilang,” kata Iqbal saat konferensi pers di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (22/11).

Ia menjelaskan, uang Rp70 juta yang hilang itu berada di dalam tas yang dibuang oleh pelaku pada saat pengejaran yang dilakukan anggota di hutan daerah kilometer 16, Kawal, Kabupaten Bintan.

“Pelaku membuang uang di dalam tas yang berisi Rp70 juta ke hutan di daerah lokasi penangkapan,” terang Iqbal.

Ia menjelaskan, Polres Tanjungpinang sudah berkoordinasi dengan Polres Bintan untuk melakukan pencarian uang yang hilang itu. Karena, lokasi hilangnya uang dengan jumlah tersebut di wilayah Polres Bintan.

Sebelum melancarkan aksinya, keempat kawanan perompak ini terlebih dahulu memantau dan menguasai situasi sekitar.

“Sudah dua minggu keempat perampok ini berada di Tanjungpinang untuk memantau dan menguasai lokasi dimana akan melakukan perampokan,” katanya.

Pelaku menjalankan aksinya setelah mengetahui korban baru saja mengambil uang di salah satu bank di Tanjungpinang dengan jumlah yang besar. Kemudian keempat pelaku mengikuti korban.

Sesampainya di kilometer 7, korban turun dari mobil untuk melihat ban mobil bocor yang sebelumnya ban sudah digemboskan oleh pelaku.

“Disaat itulah para pelaku melancarkan aksi perampokan,” ungkapnya.

Mendapat laporan itu, pihak kepolisian langsung bergerak cepat dan berhasil menangkap keempat pelaku di kilometer 16 arah Kawal, Bintan. Saat itu pelaku mencoba melarikan diri ke hutan.

“Akhirnya anggota melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki keempat pelaku,” kata Iqbal.

Keempat pelaku diancam pasal 363 pencurian dengan pemberatan, ancaman diatas 5 tahun penjara.

Diketahui empat pelaku perampokan itu bernama Rusdi, Marsut, Teguh dan Wahyuni alias Yudi.

(cho)