DPD Askonas Soroti Kinerja Pokja Pembangunan Ruang Kelas TK Negeri 1 Lingga Utara

Ketua Umum DPD Askonas Provinsi Kepri, Haryanto.

Kepri, LintasKepri.com – Dewan Perwakilan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD Askonas) Provinsi Kepri menyoroti kinerja Pokja pekerjaan pembangunan ruang kelas TK Negeri 1 Kecamatan Lingga Utara beserta perabotannya senilai Rp286.920.000,00.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum DPD Askonas Provinsi Kepri, Haryanto, melalui surat bernomor 001/SNGH-CSK/06/2020 yang dikeluarkan pada tanggal 22 Juni 2020.

Dalam surat itu, Haryanto meminta agar Pokja harus mengikuti Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Permen PUPR) Nomor 14 tahun 2020 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia yang berlaku sejak tanggal 18 Mei 2020.

“Alasan Pokja menggugurkan CV Putra Andalas Bersatu menggunakan Permen PUPR Nomor 7 tahun 2019 yang sudah tidak berlaku lagi merupakan penyimpangan peraturan dan prosedur,” tegas Haryanto.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Permen PUPR) Nomor 14 tahun 2020 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia, jelas Haryanto, bahwa yang dimaksud tahap pelaksanaan pemilihan adalah tahapan proses tender.

“Sedangkan tahap pelaksanaan merupakan tahapan setelah selesainya tahapan pelaksanaan pemilihan yang dilanjutkan dengan SPPBJ dan Kontrak Pekerjaan sehingga tahap pelaksanaan pemilihan dan tahap pelaksanaan merupakan tahapan yang berbeda,” terang Haryanto.

Maka dari itu, DPD Askonas menilai Pokja telah melakukan kesalahan dalam mengevaluasi dokumen karena tidak mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Permen PUPR) Nomor 14 tahun 2020 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia tertangal 18 Mei 2020.

(san)