'

DKPP: Pencurian Kabel Penyebab Padamnya Lampu Penerangan Jalan

Yoni Pandri, Kabid Penerangan Jalan Umum (PJU), DKPP Kota Tanjungpinang

Yoni Pandri, Kabid Penerangan Jalan Umum (PJU), DKPP Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Banyaknya pencurian kabel pada Penerangan Jalan Umum (PJU) salah satu alasan yang membuat banyaknya lampu penerangan jalan (LPJ) banyak yang tidak menyala. Hal ini diungkapkan Kabid Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang (DKPP), Yoni Pandri, Senin (09/11) diruang kerjanya.

“Meskipun pihak kita telah melakukan perawatan atas lampu PJU, akan tetapi banyaknya tangan jahil yang melakukan pencurian  kabel LPJ. Inilah yang  menyebabkan kurang optimalnya perangan lampu jalan pada malam hari,” jelas Yoni.

Selain itu, kendala teknis seperti adanya kabel lampu PJU yang acap konsleting. “Terputusnya arus listrik karena kabel yang bermuatan arus positif dan negatif bersentuhan sehingga terjadi hubungan pendek,” ujarnya.

Pihaknya melakukan perbaikan terhadap LPJ yang tidak menyala di daerah disekitaran Kota Tanjungpinang. “Perbaikan sudah kami lakukan pada hari sabtu kemarin (7/11),” Ungkapnya.

Yoni menghibau agar  masyarakat dapat bersama-sama dalam menjaga lampu penerangan jalan,” Laporkan  saja kekami jika melihat ada lampu penerangan jalan yang mati” harapnya.

Ketika disinggung masalah anggaran perawatan lapu penerangan jalan, Yoni mengatakan bahwa anggarannya masih terlalu minim. “Hanya Rp 140 juta per-kecamatan, tetapi dengan anggaran yang minim ini kami (DKPP) akan semaksimal mungkin melakukan perawatan lampu penerangan jalan ini,‘’terangnya.

Jika anggarannya  mencukupi pada tahun 2016 mendatang DKPP Kota Tanjungpinang berencana akan mengganti lampu penerangan jalan dengan siste baru,”Kami akan mengantinya dengan lampu LED,” tutupnya.(Budi)

Baca juga :

Top