Diskominfo Natuna Terus Berusaha Wujudkan Pemerataan Pembangunan Telekomunikasi

Kadis Kominfo Natuna, Raja Darmika.

Natuna, LintasKepri.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), terus berupaya meningkatkan permasalahan sinyal yang masih menjadi kendala di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dimana Natuna sendiri masuk dalam wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang terdiri dari pulau-pulau yang layak mendapatkan merdeka sinyal terutama di tingkat Kecamatan.

Demikian disampaikan oleh Kadis Kominfo Natuna, Raja Darmika, saat ditemui awak media diruang kerjanya di Bukit Arai, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (18/03/2021) pagi.

“Sekarang ini sinyal di Midai sudah terhubung mengunakan Wireless Radio Link, dari Tower Midai 1 Desa Sebelat menuju Tower Sedanau 2 yang berada di Kecamatan Bunguran Barat dan tersambung menuju Tower SP 1 Kecamatan Bunguran Tengah dan tersambung ke Tower TVRI Bunguran Timur,” jelas Raja Darmika.

Kecamatan Midai, kata dia, jaringan internetnya yang dulu menggunakan sinyal satelit, kini sudah terhubung menggunakan Wireless Radio Link.

“Maka kapasitasnya mencapai 100 Mbgs yang di alirkan jauh lebih baik saat menggunakan satelit yang hanya 40 Mbgs,” kata Raja Darmika.

Ia menambahkan, Diskominfo Natuna terus berupaya mengusulkan pembangunan Tower ke Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kemenkominfo) dan pihak pengusaha dalam hal ini Telkomsel.

Pihak Telkomsel sendiri, lanjutnya, juga perlu mengkaji wilayah-wilayah yang akan di bagun tower pada wilayah tersebut, terutama jumlah penduduk yang mengunakan telekomunikasi.

“Alhamdulillah pihak Telkomsel telah membanggun tower di Kecamatan Buguran Barat, tepatnya di Sedanau,” sebutnya.

Selaku pejabat yang menangani masalah telekomunikasi dan infirmasi, Raja Darmika mengaku akan terus berupaya untuk mengusulkan pembanggunan tower di Kecamatan Midai, dimana hanya kecamatan Midai yang boleh di katakan masih belum merdeka sinyal. Sementara untuk wilayah Kecamatan lainnya dinilai sudah cukup bagus.

“Semoga di Tahun 2022 akan terbangun tower baru Telkomsel, yang berlokasi di gunung Gelinggong atau gunung Amerika di Kecamatan Midai, untuk wilayah Kecamatan lain sudah bagus,” pungkasnya. (Erwin)