Disdukcapil Natuna Terima Penghargaan Kategori Inovasi dari Pemprov Kepri

Kadisdukcapil Natuna Ilham Kauli, saat menerima piagam Penghargaan dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Kadisdukcapil Natuna Ilham Kauli, saat menerima piagam Penghargaan dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Natuna, LintasKepri.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna, mendapatkan penghargaan, dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil), untuk Kategori Inovasi.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun, kepada Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, yang diwakili oleh Kepala Disdukcapil Natuna, Ilham Kauli.

Penghargaan tersebut, diberikan dalam acara Rapat Kerja Pemerintahan Desa, dalam rangka mensukseskan Pemilu Serentak 2019, yang disejalankan dengan Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), yang dilaksanakan di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang, Kepri, pada Selasa (05/03/2019) kemarin.

Selain Gubernur Kepri, penghargaan ini juga diserahkan langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI Zudan Arif, Sekdaprov Kepri Arif Fadillah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri Sardison.

Ilham Kauli

Ilham Kauli saat menunjukkan piagam penghargaan, yang telah dipasang dikantornya.

Dalam sambutannya Zudan Arif menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh Ketua RT, Ketua RW, Kepala Desa, Lurah, Camat, Disdukcapil maupun Pemerintah Daerah di Kepri, termasuk Natuna, karena sudah bekerja keras untuk melayani administrasi kependudukan dengan baik.

Sementara itu, Kadis DPMD Dukcapil Kepri, Sardison, juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh Disdukcapil se-Kepri, karena telah berhasil memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat Kepri, dengan baik dan maksimal.

Selain itu, kata dia, seluruh Dispenduk di Kepri, juga telah membantu Dinas PMD Dukcapil Kepri, untuk melakukan pencetakan KTP-el bagi seluruh warga negara Indonesia yang berada di Kepri, dengan cara gotong royong.

“Ini sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih Pemprov Kepri atas kerja keras yang dilakukan Disdukcapil se-Kepri, hingga akhirnya bisa tercepat ketiga di Indonesia dalam pencetakan KTP-el,” ujar Sardison.

Piagam penghargaan Kategori Inovasi, yang diterima Disdukcapil Natuna.

Piagam penghargaan Kategori Inovasi, yang diterima Disdukcapil Natuna.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Natuna, Ilham Kauli, saat ditemui diruang kerjanya, pada Rabu (13/03/2019) siang, menjelaskan, bahwa ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh DPMD Dukcapil Pemprov Kepri, atas penghargaan yang diberikan kepada Disdukcapil se-Kepri.

Yaitu Kategori Disdukcapil Bisa, Kategori Inovasi, Kategori Tanggap, Kriteria Dukungan Pemda, Kategori Kartu Identitas Anak (KIA), Kategori Pencetakan KTP-el Tertinggi dan Kategori Cakupan Akte Lahir Paling Tinggi.

“Kita dapat penghargaan untuk Kategori Inovasi,” terang Ilham Kauli, kepada media ini.

Kata Ilham Kauli, Disdukcapil Natuna diberi penghargaan, karena telah berhasil menerapkan proses kepengurusan KTP-el cukup dengan waktu 1 jam saja.

Dengan adanya penghargaan ini, akan menjadi motivasi bagi Disdukcapil Natuna, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Natuna, terutama dalam mengurus administrasi kependudukan.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top