disdik kota

Disdik Tanjungpinang Berkomitmen Implementasikan Kurikulum Merdeka

ADVETORIAL

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dra Hj Endang Susilowati.

LINTASKEPRI.COM,  TANJUNGPINANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, secara tegas berkomitmen dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka secara mandiri.  Saat ini Disdik Tanjungpinang telah melakukan beragam upaya dalam implementasi kurikulum tersebut  di tahun ajaran ini pada semua satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dra Hj Endang Susilowati mengungkapkan, bahwa diantara upaya yang telah dilakukan pihaknya terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka Secara Mandiri tersebut, yakni melalui sosialisasi tentang implementasi kurikulum merdeka, pemantapan pelaksanaan rekomendasi.

Kemudian memfasilitasi terbentuknya komunitas dan melakukan bimbingan kepada pendidik dalam melakukan analisis capean pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, menyusun modul ajar dan implementasi asesmen.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman pendidik terhadap kurikulum merdeka dengan mendorong pemanfaatan platform merdeka mengajar serta memberdayakan dan mengaktivasi komunitas belajar,” kata Endang, Rabu (10/8/2022).

Endang juga menyampaikan selamat dan sukses untuk seluruh satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka secara mandiri di Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dra Hj Endang Susilowati.

“Mari berikan pembelajaran yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik kita demi mewujudkan profil pelajar Pancasila di Indonesia,” ujar Endang.

Endang juga menyebutkan, bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka secara mandiri tersebut, khusus untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dilakukan hanya terhadap anak didik dibangku kelas 1 dan kelas IV dan untuk tingkat SMP dilakukan bagi kelas VII.

“Kurikulum merdeka ini hampir sama dengan kegiatan tahun sebelumnya, hanya saja guru dan wali murid harus memiliki peran untuk mengasah bagi peserta didik baru,” tutupnya.

Laporan: Redaksi