Pemko Tpi

Dinsos Tanjungpinang Lakukan Pembinaan Terhadap 54 Anak Jalanan

ADVETORIAL

Kepal Dinsos Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fattah foto bersama dengan anak jalanan. (Foto: Istimewa/Dinsos Kota Tanjungpinang).

LINTASKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Seiring dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, melakukan pembinaan kepada anak jalanan, Jumat (17/9/2021) di Lapangan Pamedan. Tercatat sebanyak 54 anak jalanan mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Dinsos Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fattah mengatakan, program pembinaan terhadap anak jalanan dengan kegiatan Support Group ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh Dinas Sosial.

Kadinsos Kota Tanjungpinang Ahmad Nur Fattah bersama puluhan Anak Jalanan saat mengikuti kegiatan Support Group. (Foto: Istimewa/Dinsos Kota Tanjungpinang)

“Upaya ini dilakukan agar anak-anak kita ini terus berprilaku baik. Dalam setahun dinsos  bisa melakukan lima sampai enam kali pembinaan  kepada mereka, bahkan  bisa lebih. Tergantung kekuatan anggaran,” katanya.

Fatah menambahkan, tujuan lain dari pembinaan terhadap anak jalanan ini, supaya di masa kanak-kanak mereka bisa tetap ke arah hal-hal yang positif dan lebih dari itu mereka juga mampu berkontribusi baik, khususnya bagi mendukung ketertiban dan kenyamanan.

”Setakat ini, ada 54 anak jalanan yang terdata. Namun yang dilakukan pembinaan setiap pertemuan sebanyak 35 orang saja. Kita minta mereka membuat suatu permainan yang bermanfaat, bercerita, serta sekaligus memberikan pengetahuan dan masukan yang sifatnya non akademik,” ujarnya.

Pada intinya, kata dia, pada pertemuan itu pihaknya memberikan motivasi, supaya tidak lepas kontrol, supaya mereka tidak berbuat ke arah hal-hal yang negatif.

”’Selain memberikan motivasi, Dinsos Kota Tanjungpinang juga menyediakan konsumsi kepada anak-anak tersebut saat kegiatan berlangsung. Selain itu, kami juga memberikan uang transportasi sebesar Rp60 ribu per orang. Semoga bisa bermanfaat,” demikian Fatah.

Laporan: Redaksi